8 Fakta Unik Penyembuh Luka di Sekitar Kita

by
January 12th, 2015 at 8:53 am

CiriCara.com – Yang namanya musibah bisa saja datang tak terduga. Mau dijaga bagaimana pun supaya tubuh kita tak cedera, bisa saja ada hal yang membuat kita tak luput dari cedera. Entah itu karena terbentur, terjatuh, bahkan tergaruk.

terluka

Tangan terluka – Ist

Di zaman sekarang banyak orang yang tidak terpikir cara lain selain cara medis dalam menangani luka yang dideritanya padahal di sekeliling kita banyak cara yang dahulu dipergunakan orang-orang tua kita. Di bawah ini beberapa di antaranya (sebagian besar pernah dimuat di Majalah Kartini lawas):

- Daun binahong

Daun binahong bisa digunakan untuk mengobati luka. Caranya adalah dengan meremas-remas daun binahong hingga keluar semacam lendir. Setelah itu balurkan di atas luka, biarkan menempel hingga luka mengering.

- Parutan kelapa

Bila kuku tertimpa benda berat atau terjepit sehingga mengalami infeksi, bisa diobati dengan cara menempelkan parutan kelapa. Kemudian bungkus luka tersebut dengan kain bersih. Setelah sehari semalam baru dibuka. Kuku akan terkelupas dengan sendirinya tanpa merasa sakit.

- Jahe dan bawang merah

Untuk luka yang menganga cukup besar, jahe bisa digunakan. Caranya adalah: ambil jahe seukuran ibu jari kaki. Kupas jahe tersebut, kemudian parut. Ambil 1 siung besar bawang merah, kupas, dan parut. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu dicampur dengan 1 sendok makan garam halus. Tempelkan pada luka yang menganga lalu balut dengan kain bersih. Luka akan terasa dingin dan tidak perih. Ulangi sampai dua kali. Insya Allah luka akan sembuh.

- Gula pasir

Bila mengalami luka bakar atau tersiram air panas, gula bisa menjadi alternatif penyembuh. Ambil satu sendok makan gula pasir. Kunyah, kemudian tempelkan pada luka. Akan terasa dingin di bagian yang terasa sakit itu. Insya Allah akan segera kering dan sembuh.

- Kemiri

Kemiri digunakan untuk menyembuhkan luka karena sengatan binatang berbisa seperti kalajengking. Caranya: ambil 3-4 butir kemiri, haluskan. Tempelkan kemiri halus pada luka.

- Getah pepaya

Untuk luka tertusuk duri, getah pepaya bisa menjadi alternatif penyembuh (untuk mengeluarkan duri). Caranya: teteskan getah pepaya pada bagian yang luka, tunggu hingga 2 sampai 3 menit. Akibat tetesan getah, duri akan melunak sehingga mudah diambil.

- Kentang

Pernah terkena knalpot motor? Nah, kentang bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan dan membuat kulit tetap mulus setelah sembuh. Caranya: kupas kentang, cuci bersih, lalu parut. Tempelkan pada bagian yang luka. Tutup dengan kasa steril. Gantilah setiap pagi dan sore selama seminggu.

- Daun singkong

Untuk luka sayatan ringan, daun singkong bisa membantu menyembuhkan. Caranya: kunyah beberapa lembar daun singkong yang sudah dicuci bersih. Tempelkan pada luka. Balut dengan kain steril.

Penulis: Mugniar

Comment di sini