Manfaat Mengkonsumsi Kangkung

by
January 12th, 2015 at 11:08 am

CiriCara.com – Pasti tau kangkung dong? Yep, sayuran berwarna hijau, dan berdaun panjang yang sering diidentikkan dengan salah satu makanan favorit kelinci ini juga sangat digemari hampir di semua kalangan. Biasanya kangkung dikonsumsi menjadi cah kangkung atau tumis kangkung.

kangkung

Manfaat sayur kangkung – Ist

Makanan lezat ini sangat cocok menjadi teman makan lauk lain seperti seafood saat disantap bersama nasi hangat. Pasti kebayang dong betapa lezatnya menikmati kangkung. Selain mempunyai rasa yang lezat, ternyata kangkung juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat kangkung:

1. Menambah Darah atau Mencegah Anemia

Sebagai bagian dari keluarga sayuran, kangkung yang berwarna hijau ini kaya akan kandungan zat besi. Kandungan zat besi ini berfungsi untuk menambah hemoglobin (Hb) pada darah sehingga mencegah dan mengurangi anemia pada tubuh. Kandungan zat besi pada kangkung ini cukup tinggi yaitu sekitar 2 mg atau lebih per 100 gram kangkung. Asupan zat besi yang diberikan kangkung ini adalah secara alami sehingga sangat baik bagi tubuh.

2. Mengatasi Insomnia

Pernah merasa susah untuk tidur? Kalian sudah begitu lelah dan ingin tidur, tapi ternyata mata kalian tidak juga ingin melelapkan kalian dalam tidur? Itu berarti kalian terkena insomnia atau gangguan tidur. Insomnia ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti terlalu banyak pikiran, tubuh yang kurang fit, gangguan syaraf atau penyakit dan lainnya.

Nah, dengan mengkonsumsi kangkung, kalian bisa mengatasi insomnia kalian. Kangkung juga terdapat kandungan unsur sedatif. Unsur sedatif ini merupakan suatu unsur yang dapat membuat orang mengantuk hingga bisa tertidur pulas. Sudah banyak yang membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi kangkung mereka jadi mudah menguap bahkan sangat mengantuk hingga tertidur. So, mau dicoba?

3. Membantu pencernaan

Ya, hampir pada semua sayuran, terdapat kandungan serat. Hal itu juga terdapat pada kangkung. Kangkung ini mempunyai kandungan seray atau selulosa yang cukup tinggi sehingga dapat membantu pencernaan tubuh Anda atau membantu mengatasi sembelit. Cukup dengan mengkonsumsi kangkung dalam takaran yang pas, bisa membantu metabolisme pencernaan Anda secara lancar.

Kangkung juga mempunyai manfaat lain yang cukup banyak. Selain rasa yang enak ternyata menfaatnya juga banyak. Harga yang murah dan pengolahan yang sangat mudah membuat kalangan penggemar kangkung semakin bertambah dan tidak pernah membuat sayuran ini kehabisan peminat. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini