Panjat Pinang, Lomba Asli Indonesia

by
January 12th, 2015 at 9:08 am

CiriCara.com – Setiap peringatan hari Kemerdekaan RI tiba, warga beramai-ramai buat segala kegiatan memperingati hari bebasnya negeri dari belenggu penjajahan. Ya, setiap tanggal 17 Agustus, adalah tanggal keramat bagi rakyat Indonesia. Karena di tanggal itu pada tahun 1945, Bung Karno dan Bung Hatta, memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Maka, setiap tiba pada tanggal 17 Agustus, rakyat bersuka cita merayakannya.

lomba panjat pinang

Panjat Pinang – Ist

Segala kegiatan dilakukan, mulai dari upacara, pawai, lomba hingga gelar hiburan. Nah, salah satu lomba yang jadi ciri khas di hari kemerdekaan adalah lomba panjat pinang. Lomba ini selalu ada digelar setiap HUT RI.

Ciri yang bisa dikenali dari lomba panjat pinang, tentunya adalah batang pinang yang ditanam menjulang. Lalu, di ujung atau pucuknya, di pasang hadiah-hadiah sebagai daya tarik bagi peserta lomba. Hadiahnya macam-macam, mulai dari baju, alat elektronik, sepeda, bahkan ada yang menyediakan kulkas. Tapi pastinya kulkas hadiah tak digantung. Namun hanya diberi tanda lewat secerik kertas dari kardus yang ditulisi “kulkas”.

Tapi, bukan perkara mudah untuk mendapat hadiah tersebut. Peserta harus bisa manjat ke atas. Sementara batang pinang sudah dilumuri oli. Maka, yang terjadi adalah adegan-adegan lucu para peserta yang bersusah payah naik berkali-kali, tapi melorot dan melorot lagi. Bahkan sampai peserta ngos-ngosan. Padahal, peserta tampil secara tim, terdiri dari beberapa orang tapi tetap saja susahnya naik sampai ke atas.

Segala metode dikerahkan peserta, mulai dari aksi dukung mendukung saling panggul memanggul. Yang badannya kecil,diplot sebagai ujung tombak. Ada yang lumayan berhasil manjat sampai setengah tiang, tapi kemudian melorot lagi karena kehabisan tenaga menaklukan batang pinang yang licin oleh cairan oli. Baru setelah lumuran oli berkurang, perjuangan agak mudah. Bahkan, sampai ada yang akhirnya sukses sampai puncak dan merebut hadiah paling terbesar nilainya.

Maka, bolehlah saya bilang, lomba panjat pinang ini, mungkin lomba yang hanya ada di Indonesia. Ini lomba made in Indonesia. Jadi hak ciptanya adalah milik Indonesia. Tapi sepertinya tak hanya panjat pinang yang made in Indonesia. Lomba-lomba lainnya di hari kemerdekaan, seperti lomba memasukan jarum ke dalam botol, gebuk bantal atau rebutan recehan rupiah di buah pepaya, adalah lomba-lomba khas bangsa Indonesia. Ini lomba milik bangsa, yang harus dilestarikan. Bila perlu hak ciptanya didaftarkan, biar tak diklaim oleh Malaysia atau Singapura.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini