Peran Penting Lada Hitam untuk Kesehatan Rambut

by
January 12th, 2015 at 11:27 am

CiriCara.com – Rempah berbentuk kecil satu ini selain memiliki kegunaan untuk menjadi bumbu pada masakan agar makanan dapat meningkat kesedapannya, ternyata memiliki manfaat lain untuk kesehatan, terutama pada rambut. Untuk para wanita khususnya, rambut bagaikan sebuah mahkota cantik yang harus dirawat dan dijaga kecantikannya. Tidak ada satupun wanita yang menginginkan rambut kusam dan hilang kemilaunya.

lada hitam

Lada hitam – Ist

Lada hitam atau dalam bahasa latin disebut Piper nigrum ini dikenal sebagai salah satu rempah yang biasa dipakai dalam masakan agar masakan dapat memiliki citarasa pedas. Lada hitam diambil dari buah lada yang hampir busuk dan mengering karena terkena paparan sinar matahari terus-menerus hingga membuat kulitnya berwarna kehitaman.

Dengan kandungan kalium, vitamin K, vitamin C, dan serat besi, lada hitam dipercaya dapat mengobati beragam penyakit dan juga dapat mengatasi beragam masalah kesehatan rambut. Apa saja kah khasiat lada hitam untuk membuat rambut menjadi hitam kemilau dan cantik? Berikut ini diantaranya:

1. Mencegah kebotakan

Kebotakan merupakan salah satu masalah yang biasanya terjadi, terlebih lagi pada usia kalangan orang tua yang tidak lagi muda. Orang dapat mengeluarkan uang dengan jumlah yang banyak demi mengatasi permasalahan yang satu ini. Untuk mencegah kebotakan, Anda dapat melakukan sebuah cara, yaitu dengan membuat shampo lada hitam.

Caranya yaitu dengan mencampurkan yoghurt dan campuran lada hitam. Pasta lada hitam ini lalu digosokan pada rambut, seperti pada saat Anda keramas menggunakan shampo. Setelah itu diamkan beberapa menit, lalu bilas dan cuci bersih rambut dengan menggunakan shampo yang biasanya Anda pakai. Hasilnya, kebotakan yang Anda alami akan berkurang.

2. Mengatasi ketombe

Lada hitam memiliki kandungan anti bakteri dan anti inflamasi yang dipercaya dapat mengatasi permasalahan ketombe pada rambut. Kandungan tersebut dapat membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit kepala, sehingga dapat mencegah pertumbuhan ketombe. Anda hanya perlu mencampurkan yoghurt dan satu sendok teh lada hitam yang telah dihaluskan. Setelah tercampur rata, balurkan pada rambut dan diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air dan keramas menggunakan shampo pada keesokan harinya. Ketombe yang selama ini mengganggu kulit kepala pasti akan berkurang.

3. Membuat rambut tumbuh tebal dan kuat

Rambut yang kuat, tebal, dan sehat merupakan idaman bagi banyak orang. Karena dengan rambut yang sehat, penampilan seseorang akan menjadi semakin menawan. Caranya sendiri sangatlah mudah, yaitu dengan membuat hair musk yang terbuat dari lada hitam dan biji lemon.

Untuk membuatnya Anda hanya perlu mencampur satu sendok teh lada hitam bubuk, satu sendok teh biji lemon yang telah dihaluskan dan beberapa tetes minyak zaitun, lalu dicampur hingga mengental. Setelah itu pakaikan hair musk lada hitam ke kulit kepala Anda hingga merata, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah 20 menit, cuci rambut Anda dengan air hangat kemudian dibilas dengan shampo. Dengan memakai hair musk lada hitam secara teratur, pertumbuhan rambut akan menjadi lebih cepat, tebal, dan sehat alami.

4. Mengatasi pertumbuhan uban

Uban atau rambut putih di kepala biasanya identik terjadi kepada seseorang yang memiliki umur di atas 30 tahun. Selain orang tua, banyak pula anak muda yang umurnya berada di bawah 30 tahun sudah memiliki uban. Biasanya hal ini disebabkan karena stress atau kurangnya pigmen pada rambut sehingga kantong rambut tak dapat lagi mewarnai rambut dan menimbulkan uban. Untuk menghilangkan uban agar tidak lagi mengganggu penampilan, campurkan satu gram lada hitam dengan seratus gram yogurt tanpa gula. Setelah itu oleskan secara perlahan pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama satu jam. Setelah itu cuci rambut dengan air hangat dan shampoo. Lakukan perawatan ini setiap minggu, sehingga rambut anda terlihat lebih indah tanpa uban.

Itulah peran penting dari lada hitam untuk memiliki rambut yang sehat dan menawan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Penulis: Christie Marine

Comment di sini