Tips dalam Pembangunan Karakter Seorang Anak

by
January 12th, 2015 at 2:45 pm

CiriCara.com – Tidak sedikit para orang tua pada zaman modern seperti sekarang sangat sibuk dalam dunia pekerjaan mereka. Tentunya hal ini membuat minimnya waktu para orang tua untuk bertemu atau berbincang dengan anak mereka. Hal ini lah yang membuat posisi sang anak merasa kurang dihargai dan tentunya ini akan berpengaruh terhadap pembentukan karakter dan masa depan mereka.

menasehati anak remaja

Anak remaja – Ist

Akibatnya tidak sedikit para remaja yang masih belum mengenal karakter diri mereka sendiri dan arah tujuan hidup mereka ketika mereka sudah dewasa kelak. Oleh sebab itu peran orang tua sangatlah penting dalam pembentukan karakter anak dan kunci masa depan mereka.

Berikut adalah beberapa tips dalam pembentukan karakter sang anak:

1. Luangkanlah Waktu Anda Bersama Anak Anda

Ini adalah sebuah langkah awal yang mesti Anda lakukan untuk mendapatkan hati sang anak. Ketika Anda mencoba meluangkan waktu Anda untuk sang buah hati, mereka merasa posisinya sebagai seorang anak sangat dihargai. Hal itu lah yang akan membuat Anda lebih mudah untuk mengenal dan menganalisa karakter sang buah hati Anda misalnya, seperti makan bersama, pergi ke mall, berdiskusi, nonton konser bersama, dan hal-hal lain yang dapat digunakan untuk meluangkan waktu Anda dan anak bersama-sama.

2. Carilah Beberapa Hal yang Disukai dan Diminati oleh Anak Anda

Dalam tahap ini Anda harus teliti dalam beranalisa karena, ketika Anda mencoba untuk mencari hal yang mereka suka dan mereka minati Anda harus benar-benar memperhatikan aktifitas sang anak secara rutin. Karena aktifitas tersebut akan mengarahkan Anda pada beberapa hal yang disukai dan minati oleh sang anak.

Tetapi tidak semua aktifitas rutin yang anak Anda lakukan sudah pasti disukai dan diminati oleh sang anak, oleh karena itu pada tahap ini Anda harus menganalisa lebih dalam apa aktifitas yang benar-benar anak Anda sukai. Ketika Anda telah mendapatkan hal-hal yang mereka sukai dan menjalin kedekatan melalui media tersebut, maka akan membuat sang anak tertarik untuk berdiskusi dengan Anda.

3. Posisikanlah Diri Anda sebagai Teman Mereka dan Jadilah Pendengar yang Baik

Ketika sang anak sudah tertarik dan nyaman dalam bercerita atau berdiskusi dengan Anda, Anda juga perlu memposisikan diri Anda “sederajat” dengan anak Anda. Karena hal ini akan membuat sang buah hati merasa sudah dianggap dewasa dan tentunya mereka akan lebih percaya diri dalam menanggapi sebuah hal. Jadi lah pendengar yang baik, tanggapi betul apa yang dikatakan oleh sang anak. Karena ketika Anda benar-benar mendengarkan dan menanggapi suatu argumen atau pernyataan mereka ini akan memperkuat karakter sang anak dalam proses pendewasaan dilingkungan mereka.

4. Bimbinglah Anak Anda dengan Hal yang dapat Memotivasi Mereka dengan Gaya Komunikasi Modern

Dalam tahap ini berikanlah anak Anda arti hidup yang sebenarnya bahwa pada dasarnya segala sesuatu harus memiliki tujuan dan prinsip yang jelas. Oleh karena itu berikanlah sesuatu yang dapat memotivasi anak Anda agar mereka memahami betul akan pentingnya sebuah tekad dan keyakinan dalam menjalankan suatu hal. Tentunya ini akan lebih mudah dipahami oleh sang anak ketika Anda menyampaikannya dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh mereka, untuk itu gunakan lah gaya bahasa mereka sehari-sehari agar mereka lebih tertarik untuk memahami apa yang Anda sampaikan.

5. Berikanlah Mereka Kepercayaan dan Tanggung Jawab

Tahap ini merupakan tahap yang paling penting dalam pembentukan karakter anak Anda. Berikanlah mereka ruang untuk berekspresi dan biarkanlah anak Anda menentukan suatu pilihan. Memang hal ini memiliki resiko yang tinggi tetapi Anda harus memberikan mereka kesempatan untuk menentukan pilihan mereka sendiri. Selain itu berikanlah juga tanggung jawab pada mereka, karena ketika Anda berikan mereka suatu tanggung jawab maka sang anak akan merasa bahwa sebuah jalan dan keputusan yang mereka pilih itu harus berlandasan pada tujuan yang jelas sehingga mereka akan melakukan hal tersebut dengan penuh keyakinan dan tekad.

Beberapa hal tadi tentunya menunjukan, bahwa peran Anda sebagai orangtua tentunya sangatlah penting dan berpengaruh besar terhadap pembangunan karakter dan mental anak Anda dalam proses pendewasaan dan masa depan anak Anda.

Penulis: Bernito Yasser Geraldo

Comment di sini