Tips Menambah Semangat Hidup Sejak Dini

by
January 12th, 2015 at 2:06 pm

CiriCara.com – Apa sih yang membuat kita jatuh di suatu keadaan yang membuat kita semakin terpuruk? Dan bagaimana menanganinya? Sebagaimana kita ketahui di kehidupan ini banyak sekali lika-liku hidup yang mesti kita jalani dan kita lewati. Banyak faktor penyebab menurunnya semangat hidup atau bisa kita bilang motivasi hidup.

Jujur pada diri sendiri / Ist.

Semangat / Ist.

Faktor dari luar misalnya, pekerjaan yang tidak sesuai bakat, sasaran yang tidak tercapai, lingkungan teman, penghasilan yang tidak seimbang dengan kerja keras, ketika diputusin oleh pacar, berantem dengan kerabat, tuntutan dari orang tua, saudara kandung termasuk orang tua, hutang yang belum dibayar, dan berbagai hal yang membuat kalian bisa pusing.

Orang lain bisa membantu teman-teman untuk keluar dari kesulitan, memberikan nasihat, contoh, dorongan, semangat, tapi proses munculnya motivasi yang bisa bertahan lama tidak berlangsung dalam sekejap. Hanya mendengar motivator berbicara- ini tidak membuat kalian memiliki motivasi.

Apa yang teman-teman lakukan untuk meningkatkan motivasi hidup? Berikut adalah beberapa tips untuk teman-teman:

1. Cobalah mengambil waktu sejenak untuk memikirkan tujuan hidup kalian secara serius dan teratur. Kalian-pun bisa pergi ke tempat sunyi atau jauh dari kebisingan.

2. Kemudian, ambil selembar kertas dan pulpen dan tulislah apa sasaran dari tujuan hidup kalian. Tulislah hal-hal yang ingin kalian kerjakan. Tulis juga apa yang ingin kalian raih. Misalnya, kalian ingin menjadi pilot atau tentara. Tulislah secara per point kebutuhan apa saja yang mesti dipersiapkan ketika ingin menjadi pilot atau tentara tersebut. Kemudian tulisahlah secara detail rencana apa saja yang ingin kalian lakukan untuk mencapai pilot atau tentara.

3. Setelah kalian menuliskan rencana apa saja ke depanya, tidak lupa taruhlah nama orang tua atau kerabat Anda yang bisa makin menambah semangat kalian atau yang sangat berpengaruh kepada kalian di lembaran kertas tersebut.

4. Taruhlah kertas tersebut di tempat yang selalu kalian hampiri setiap waktu. Misalnya, di dalam buku yang sering kali kalian bawa atau buka. Bisa juga ditaruh di file file khusus kalian.

5. Setelah kalian siapkan, jangan lupa untuk mencentang kegiatan atau hal yang sudah kalian kerjakan.

Dengan menuliskan dan fokus terhadap tujuan hidup kalian- ini bisa membantu mengangkatkan motivasi teman-teman. Marilah kita tanamkan sikap tanggung jawab kepada diri kita sejak dini dengan membuat susunan rencana kita ke depannya sehingga menjadi terarah dan menjadi motiviasi hidup kita. Semoga kalian menemukan tujuan hidup yang bisa meningkatkan motivasi hidup kalian.

Penulis: Frilla Wistya

Comment di sini