3 Jenis Cat Eksterior Rumah Kayu

by
January 13th, 2015 at 1:30 pm

CiriCara.com – Untuk mempercantik rumah dan memberi warna dan motif yang sesuai dengan keinginan kita, biasanya orang akan memilih untuk mengecat rumah itu. Tidak semua cat bisa digunakan pada setiap bagian bangunan rumah. Ada cat untuk bagian dalam ada juga cat untuk bagian luar.

cat rumah

Mengecat rumah – Ist

Cat bagian dalam biasanya mempunyai tekstur yang lebih halus. Cat eksterior digunakan untuk mempercantik tampilan luar bangunan. Selain itu cat eksterior mempunyai tekstur yang lebih kuat karena berfungsi untuk melindubgi bagian luar bangunan dari gangguan dan pengaruh cuaca. Cat untuk bagian luar atau eksterior kayu dibagi menjadi tiga jenis.

Berikut akan dibahas tiga jenis yaitu cat eksterior untuk rumah kayu Anda:

1. Cat Transparan

Sesuai dengan namanya, cat transparan tidak mempunyai warna apapun untuk menutupi warna asli bagian bangunan yang dicat. Fungsi dari cat transparan ini hanyalah sebagai pelindung tanpa memberi kesan warna lain. Biasanya orang menggunakan cat transparan pada bangunannnya untuk mempertahankan warna asli bangunan tersebut.

2. Cat Opaque Finish atau Cat Solid

Cat opaque finish atau lebih sering disebut cat solid merupakan cat yang digunakan untuk menutupi cacat atau bagian yang tidak ingin kelihatan. Cat solid akan menutup secara sempurna permukaan bangunan sehingga cacat tidak terlihat. Cat solid ini terdiri dari dua jenis yaitu cat minyak yang biasanya digunakan oleh tukang bagunan dengan memoleskan menggunakan kuas dan cat duco yang digunakan menggunakan alat semprot namun harga yang dibanderol untuk cat ini juga jauh lebih mahal dibanding cat minyak.

3. Cat Efek Khusus

Cat efek khusus sesuai dengan namanya adalah cat yang mempunyai efek khusus. Cat ini digunakan jika ingin mengubah tampilan tekstur bangunan menjadi tekstur bahan lain. Misalnya seperti tekstur batu, tekstur kasar, tekstur pecah dan tekstur lainnya. Harga yang diperlukan untuk cat ini juga cukup tinggi. Namun Anda akan puas jika melihat hasil tampilan luar bangunan Anda dengan cat ini.

Semua cat digunakan untuk melindungi bangunan dan membuat bangunan agar tampak lebih indah. Demikianlah pembahasan tiga cat eksterior untuk bahan bangunan kayu. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini