6 Keunikan dari Pulau Jawa

by
January 13th, 2015 at 10:07 am

CiriCara.com – Kepulauan Jawa memilik aneka ragam keunikan mulai dari pembentukannya seperti adanya gunung-gunung vulkanik. Menurut legenda bahwa Pulau Jawa merupakan pulau yang terombang-ambing di tengah lautan. Akhirnya dibentuklah sebuah gunung bernama Himalaya yang letaknya di ujung Pulau Jawa sebagai paku buminya Pulau Jawa, hingga akhirnya paku bumi tersebut dinamakan Gunung Semeru atau Mahameru.

peta jawa

Pulau Jawa – Ist

Selain hal unik tersebut, ternyata ada keunikan lainnya dari Pulau Jawa. Mau tahu apa saja? Berikut keunikan-keunikan tentang Pulau Jawa:

1. Banyaknya gunung berapi. Pulau Jawa sering disebut dengan “Dunia Gunung Berapi”, hal ini dikarenakan Pulau Jawa memiliki gunung berapi yang banyak dengan panjang seribu kilometer, memiliki 30 gunung berapi aktif dan 120 kawah yang jarang aktif.

2. Banyaknya sawah. Dengan bertebaran gunung berapi aktif yang ada di Pulau Jawa, maka di bawahnya (lingkungan sekitar) mempengaruhi sistem lahan pencaharian, terutama yang hidup di lereng gunung tersebut sebagai lahan pertanian berupa sawah. Karena menurutnya bahwa pertanian di sekitar atau di lereng gunung memungkinan untuk subur.

3. Penyebaran agama. Penyebaran agama terutama Islam pertama kali dilakukan di pesisir terlebih dahulu dibandingkan dengan masyarakat di daerah pegunungan. Masyarakat pesisir jauh lebih mudah menerima akses ini karena dimungkinkan adanya penyebaran unsur-unsur budaya. Persebaran kebudayaan ini dilakukan melalui jual-beli yang sekaligus mengenalkan tentang ajaran Islam kepada masyarakat jawa terutama di daerah pesisir.

4. Kehidupan yang keras. Kehidupan pesisir yang keras dengan bercirikan bahasa yang kasar, dikarenakan masyarakat pesisir biasa bekerja di tengah laut yang amat luas, jangan kaget bila masyarakat pesisir (nelayan) bila di daratan, bicaranya keras-keras dan lantang, disebabkan sudah biasa hidup di lautan untuk cari ikan tentu.

5. Banyaknya peninggalan sejarah. Budaya masa lampau diartikan dengan peninggalan barang-barang yang kuno dan antik, misalnya keris yang melambangkan kesaktian seseorang raja maupun para pejabat di kerajaan. Sehingga muncullah kegiatan/ritual untuk memandikan/menjamas barang-barang antik tersebut. Peninggalan sejarah lainya seperti bangunan tempat peribadatan seperti Candi Borobudur, Prambanan, dan peninggalan berupa candi-candi lainnya.

6. Keanekaragaman bahasa daerah. Di Pulau Jawa keanekaragaman bahasa sangatlah banyak, walaupun disebut Jawa tetapi bahasanya dan logatnya berbeda-beda.

Demikianlah beberapa keunikan Pulau Jawa. Semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini