Cara Jadi Wiraswasta Muda dengan Modal Nol

by
January 13th, 2015 at 11:37 am

CiriCara.com – Punya penghasilan saat masih muda, kenapa tidak? Sekarang bukan jamannya lagi mengandalkan uang pemberian orang tua untuk jajan atau nge mall. Orang tua memang memiliki kewajiban untuk membiayai anaknya, tapi kita sebagai anak harus sadar bahwa kebutuhan dari keluarga itu tidak sedikit. Maka dari itu, cobalah untuk menambah pendapatan dengan cara menjadi wiraswasta muda.

tips karir

Sukses di usia muda – Ist

Mungkin wiraswasta terdengar seperti usaha yang membutuhkan modal besar dan juga resiko yang besar. Sebenarnya banyak jenis usaha yang membutuhan modal minim atau bahkan nol. Semua dimulai dari lingkungan sekitar kita. Apa aja jenis usahanya, berikut beberapa contohnya:

1. Party Planner

Usaha ini sangat cocok untuk kamu yang kreatif dan berani mencoba sesuatu yang baru. Tidak membutuhkan modal sepeserpun dan bisa dikerjakan secara individu, kapan pun, dimana pun. Mulai dari orang-orang terdekat yang akan  mengadakan sebuah acara, baik itu acara yang besar atau sederhana. Ajukan dirimu yang  mejadi party planner dan mulai bernegosiasi harga. Usahakan membuat acara yang sedikit berbeda dari acara biasanya. Disinilah kretifitas anda di uji.

2. Mediator Jual Beli

Tidak jauh berbeda dengan marketing, yang dibutuhkan adalah teknik persuasif. Menjadi perantara antara si pembeli dan penjual. Saudara, teman atau tetangga kita sedang menjual barangnya, tugas kita sebagai mediator adalah mencarikan pembeli potensial. Sebelum deal, bernegosiasi terlebih dahulu mengenai komisi kepada si penjual. Berlaku juga untuk sebaliknya

3. Jasa Ketik

Sekarang ini tugas banyak yang harus diketik, terkadang membuat kita malas untuk mengerjakannya. Berbeda dengan orang tua yang masih merasa kesulitan menggunakan komputer tapi harus membuat sebuah laporan. Tugas kita adalah menjadi pahlwan mereka. Memindahkan tulisan tangan ke dalam versi Microsoft office. Untuk pekerjaan yang satu ini penghasilannya tidak terlalu besar tapi akan menjadi besar karena seringnya permintaan dari klien untuk jasa ketik.

4. Lapak charger

Nge-cas sudah menjadi kebutuhan pokok sekarang ini tapi tempat untuk nge-cas sangat terbatas. Hanya bermodal rol kabel, Anda bisa menghasilkan uang. Jangan memberi tarif yang terlalu mahal, contoh: untuk 1x cas (1,5 jam) diberi tarif 3000 rupiah.

Semoga jenis usaha di atas memberi inspirasi Anda untuk menjadi wiraswasta saat muda. Jangan pernah malas untuk mencoba karena malas tidak akan membuat Anda maju. Semoga berhasil!

Penulis: Agta Eka Putri

Comment di sini