Funashi, Si “Pir” yang Populer di Jepang

by
January 13th, 2015 at 8:54 am

CiriCara.com – Maskot atau yuru-kyara telah menjadi bagian dari promosi yang marak dilakukan di Jepang untuk mempromosikan suatu daerah atau keunikan tertentu. Yuru-kyara yang dalam bahasa Inggris diartikan sebagai relaxing character (karakter yang membuat nyaman atau rileks) ini sangat digemari oleh orang Jepang. Bahkan, terdapat festival maskot internasional di Hanyu, Jepang dan setiap diselenggarakan, menyumbang ratusan ribu turis bagi kota tersebut. Salah satu maskot yang populer adalah Funassyi atau Funashi.

funassy

Funashi – Ist

Funassyi adalah maskot berbentuk pir kuning yang sangat terkenal di Jepang. Ia adalah maskot yang sangat lincah dan dapat berbicara. Funassyi bukanlah maskot yang diperkenalkan oleh daerah atau pun organisasi pariwisata, akan tetapi, ia adalah maskot yang mewakili wilayah Funabashi di Prefektur Chiba walaupan unofficial.

Funassyi sudah banyak melintang di televisi Jepang. Ia sempat membintangi iklan dan juga mengikuti acara-acara lainnya. Ia juga mengeluarkan beberapa DVD dan merchandise lainnya. Menariknya, karena ia bukan merupakan maskot yang official, semua kegiatan promosinya menggunakan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter akan tetapi, ia menjadi maskot unofficial terpopuler saat ini.

Karena kepopulerannya, di Shibuya, dibuat sebuah cafe dengan nama Funa Cafe. Kafe ini tentu saja menghadirkan nuansa Funassyi. Kurang lebih sama seperti Hello Kitty Cafe yang menyajikan segala hal yang berbau Hello kitty.

Funassyi diceritakan memiliki 274 saudara. Salah satunya adalah Funagorou, adik laki-laki Funassyi yang ke-56. Funagorou berukuran lebih kecil dan memiliki ekor. Dari ekornya bisa mengeluarkan jus pir.

Bagi orang Jepang, Funassyi yang selalu aktif dan gemar meloncat memiliki daya tarik tersendiri. Selain terlihat lucu, Funassyi juga dianggap dapat membangkitkan semangat. Akan tetapi, di balik kepopulerannya, menjadi maskot adalah hal yang sulit. Kostum maskot sangat berat dan di dalamnya sangat panas. Belum lagi persaingan dengan maskot-maskot lain yang terus bermunculan.

Walaupun sulit, nampaknya kerja keras Funassyi telah terbayar dengan popularitasnya yang terus menanjak. Terbukti dengan dipilihnya Funassyi sebagai maskot terpopuler di Jepang dalam ‘Regional Mascot General Election’. Kepopuleran maskot di Jepang ditandai dengan dibuatnya maskot dari perdana menteri Jepang, Abe Shinzo.

Penulis: Myra Florencia

Comment di sini