Singkatan Dalam Dunia Kuliner Indonesia

by
January 13th, 2015 at 10:28 am

CiriCara.com – Indonesia itu terkenal sebagai negara yang kaya akan tradisi. Ada ratusan suku dan etnis yang mendiami bentangan Kepulauan Nusantara. Ada ribuan corak budaya di dalamnya. Ada banyak gaya bahasa yang dituturkan penduduknya. Pendek kata, Indonesia adalah negara yang kaya warna. Ini tentu warisan yang sangat berharga untuk kita jaga dan kita rawat.

makanan

Kuliner (masakan Padang) – Ist

Tidak hanya itu, Indonesia pun kaya akan tradisi kulinernya. Setiap daerah, selalu punya makanan atau penganan yang khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Ini pun kekayaan yang tak ternilai harganya. Ada Soto Banjar, Soto Madura, Soto Kudus, Soto Lamongan, dan soto-soto lainnya. Itu baru soto, belum menu lain yang punya ciri khas masing-masing.

Tapi saya tak hendak membicarakan daftar menu dari kekayaan kuliner kita. Tak akan cukup ditulis hanya dalam hitungan jam. Mungkin bila dibukukan, bakal jadi semacam kitab suci berjilid-jilid. Lagian, saya pun bukan pakar kuliner, seperti Pak Bondan. Jadi tahu diri untuk tidak menulis sesuatu yang bukan kapasitas saya. Bila memaksakan diri, mungkin akan seperti pepatah orang bijak yang mengatakan, bila suatu urusan diserahkan bukan pada ahlinya, maka tinggal tunggu kehancurannya.

Jadi saya mau menulis, sebatas apa yang saya ketahui. Tapi tenang saja, tulisan ini masih terkait erat dengan kekayaan kuliner kita. Bila tak terkait, saya mohon coba kait-kaitkan saja, biar saya tak merasa bersalah. Setuju? Harus setuju, karena saya yakin Anda pembaca yang baik hati dan demokratis.

Tulisan ini tentang daftar singkatan di dunia perkulineran kita. Sekali lagi, ini sesuai apa yang saya ketahui. Jadi harap maklum bila kurang lengkap.

Di era modern ini, kadang kita selalu ingin menyebut sesuatu itu dengan ungkapan yang ringkas dan tak berpanjang kata. Maka singkatan pun dipakai sebagai rumus untuk meringkas sesuatu. Termasuk soal makanan.

1. SMP

SMP ini, singkatan resminya adalah Sekolah Menengah Pertama. Tapi dalam dunia perkulineran, SMP pun banyak di pakai untuk menyingkat sesuatu. Kepanjangan singkatan SMP dalam dunia perkulineran kita, sepengetahuan saya adalah Setelah Makan Pulang (SMP). Singkatan ini biasanya dipakai untuk menggambarkan sikap seseorang setelah ditraktir atau diberi makan langsung pulang. Ya, semacam sindiran. Mungkin saya salah. Bila Anda mau meluruskan silahkan dengan senang hati.

2 Internet

Internet. Pasti Anda tahu apa itu internet. Internet adalah sebutan lain dari dunia maya. Facebook, Twitter, Mbah Google, adanya di internet. Ini semacam dunia maya yang bisa meringkas dunia hanya selebaran daun kelor saja. Lewat internet, kita bisa mencari teman atau berhubungan dengan orang yang berada di Rusia, di Amerika atau dibelahan lain, tanpa harus pergi ke sana. Cukup pergi ke warung internet (Warnet) Anda bisa menjelajah setiap pojok dunia.

Namun jangan salah, internet juga ada dalam dunia perkulineran kita. Bila Anda jadi pelanggan bubur kacang ijo, pasti hapal dan tahu apa itu internet. Ini bukan dunia maya. Tapi internet di warung bubur kacang ijo adalah sebuah singkatan untuk sebuah menu yang biasa di tawarkan di warung tersebut. Internet adalah kepanjangan dari Indomie Telor Kornet. Ini menu gabungan antara mie rebus, telor dan daging kornet, dijadikan satu dalam satu mangkok. Indomie sendiri adalah salah satu merek produk mie ternama di negeri ini. Saking terkenalnya, orang kalau mesan mie rebus, selalu bilang indomie, padahal yang dimasak mie lainnya.

3. STMJ

STMJ pun sama dengan internet. STMJ adalah singkatan gabungan dari sebuah menu racikan minuman hangat. Kepanjangan STMJ sendiri adalah Susu Telor Madu Jahe. Ini sebuah menu racikan minuman yang mempadupadankan bahan susu, telor, madu dan jahe dalam satu racikan. Empat bahan itu digabung, maka jadilah sebuah racikan minuman yang menyehatkan tubuh.

Mungkin sekian dulu. Bila Anda punya singkatan lain, silahkan berbagi informasi. Ingin menambahinya, silahkan hubungi saya di alamat @rakeyanpalasara atau ke agusupriyatna@gmail.com. Siapa tahu kita bisa jadi tim penulis kamus  singkatan dunia kuliner Indonesia.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini