3 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Jarang Diketahui

by
January 14th, 2015 at 3:50 pm

CiriCara.com – Yogyakarta adalah sebuah kota yang unik untuk dibahas. Kenapa? Karena Yogyakarta sangat berbeda dengan kota-kota lainnya terbukti dengan pengaruh globalisasi saat ini kota Yogyakarta masih mempertahankan adat dan budayanya. Kekentalan budaya Yogyakarta membuat kota ini menjadi salah satu kota yang selalu ramai didatangi oleh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Seperti yang kita ketahui, candi Borobudur yang berada di Yogyakarta merupakan salah satu keajaiban di dunia. Hal ini membuat para wisatawan datang berkunjung untuk melihat salah satu keajaiban dunia tersebut. Tetapi sayangnya, para wisatawan hanya mengetahui tentang candi Borobudur, jalan Malioboro, dan candi Prambanan saja.

Padahal Yogyakarta memiliki tempat indah lainnya seperti:

1. Taman Sari

taman sari

Taman Sari, Yogyakarta – Ist

Taman Sari adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Yogyakarta. Taman Sari Yogyakarta terletak di tengah kota. “The Fragrant Garden” ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.

Taman Sari dijadikan sebagai tempat wisata yang biasa dikunjungi oleh para siswa-siswi sekolah dan para wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta. Model bangunannya yang kuno dapat menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung dan berfoto di Taman Sari ini.

2. Kalibiru Kulon Progo

desa kalibiru

Ist

Desa wisata Kalibiru terletak di Hargowilis Kokap Kulon Progo pada ketinggian 450 Mdpl di kawasan perbukitan Menoreh. Akses menuju ke Desa Kaliburu menggunakan truck, jadi bisa dipastikan Anda harus memiliki keberanian untuk mengunjungi desa Kalibiru tersebut.

Bila Anda memulai perjalanan dari Yogyakarta, waktu yang akan ditempuh berkisar antara 1- 1,5 jam atau sekitar 40 km.
Untuk meilhat pemandangan desa Kalibiru Anda harus menyebrangi sebuah jembatan yang terletak diseberang jalan dan Anda akan sampai pada ketinggian. Setelah Anda sampai di atas pohon yang memiliki tempat untuk duduk, Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang indah.

3. Gumuk Pasir

gumuk pasir

Gumuk Pasir – Ist

Padang pasir di Yogyakarta? Dimana ya? Mungkin ini pertanyaan yang akan Anda sampaikan ketika mendengar Padang pasir berada di Yogyakarta. Padang pasir ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo yang berada di antara pantai Parangtritis dan pantai Depok. Memiliki luas sekitar 2 km dari muara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok menjadikan Gumuk Pasir sebagai objek yang indah bagi para fotografer. Gumuk Pasir Parangkusumo juga dijadikan wisata yang seru untuk bermain ski pasir (Sandboarding) dengan ketinggian sekitar 20 meter. padang pasir parangkusumo ini memnyerupai Namib Naukluft yang berada di Mexico.

Nah, itu baru segelintir tempat wisata yang wajib dikunjungi di Yogyakarta. Hal yang paling penting ketika Anda berkunjung ke tempat tersebut pastikan Anda membawa kamera untuk mengabadikan sisi lain keindahan dari Yogyakarta.

Penulis: Fenny Fauriza

Comment di sini