4 Olahan Kacang Kedelai Yang Jadi Favorit

by
January 14th, 2015 at 11:53 am

CiriCara.com – Suka kacang kedelai? Kacang ini mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi. Hmm… biasanya orang jarang mengkonsumsi jenis kacang yang satu ini tanpa diolah dahulu. Apa saja olahan kacang kedelai yang kalian suka? Ingat-ingat dulu yok.

kedelai

Susu kedelai – Ist

Sangat banyak olahan kacang kedelai yang bisa menemani makan kalian sampai minuman dan bahkan desert kalian. Berikut olahan kacang kedelai yang bisa jadi rekomendasi santap kalian.

1. Tempe

Suka tempe? Wah, tempe sering banget diidentikkan dengan makanan sederhana. Olahan kacang kedelai yang harganya bisa dibilang cukup murah ini ternyata sangat digemari. Berasal dari kacang kedelai yang diberi ragi dan difermentasikan lalu direbus. Jamur putih yang tumbuh di tempe inilah memberi rasa khas pada tempe.

Tempe bisa dimasak lagi ke berbagai olahan seperti digoreng, dimasak sambal, dibuat perkedel, dan dimasak lainnya yang tentunya pasti lezat. Selain terkenal di Indonesia, makanan asli Indonesia ini juga terkenal di negara maju seperti negara Jepang dan Amerika, bahkan ada yang pernah cerita bahwa harga tempe pernah melampaui harga daging sapi di sana. Waw!

2. Tahu

Aku tahu kok. Eits, ini tahu bukan tahu tentang kata. Ini tahu makanan. Olahan kacang kedelai yang berwarna putih ini juga sangat laku di pasaran dan mempunyai penggemar tersendiri. Tahu ini sendiri dibuat dari sari kacang kedelai yang diberi bakaran atu khusus. Tahu sendiri dapat dimasak lagi menjadi berbagai macam olahan, baik olahan tradisional, chinesee food dan olahan western.

3. Susu Kedelai

Susu yang satu ini juga jadi favorit olahan kacang kedelai. Diambil dari sari kacang kedelai dan dimasak dengan campuran daun pandan yang memberi aroma harum pada susu ini. Lalu diberi gula untuk pemanis dan tambahan sedikit saja garam sebagai pemberii rasa gurih. Susu ini juga baik untuk dikonsumsi bagi yang mempunyai masalah alergi pada laktosa dalam susu sapi. Serta susu kedelai ini juga mempunyai kalsium yang tidak kalah tinggi dengan susu sapi.

4. Puding Susu Kedelai

Nah, mungkin olahan susu kedelai satu ini jarang terdengar. Tapi sudah ada yabng membuat dan menjual puding satu ini. Rasanya juga tak kalah lezat dibanding puding lainnya.

Masih banyak olahan susu kedelai yang dibuat menjadi makanan dan minuman serta desert. Semoga informasi ini dapat membantu kalian. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini