Komponen Utama Dalam Business Plan

by
January 14th, 2015 at 8:49 am

CiriCara.com – Pernah membuat rencana bisnis atau yang lebih sering disebut dengan business plan? Atau mungkin ada yang belum tahu apa yang dimaksud dengan rencana bisnis itu? Business plan atau rencana bisnis adalah sekumpulan analisis dan pertimbangan serta rencana yang dibuat oleh seseorang sebelum menjalankan bisnis yang hendak dilakukannya.

bangkit dari gagal

Bangkit dari kegagalan – Ist

Rencana bisnis ini sangat berguna untuk menganalisis apakah bisnis yang akan dijalankan tersebut layak dan dapat mendatangkan keuntungan. Karena pasti semua bisnis yang dijalankan adalah bertujuan mendatangkan laba. Di dalam bisnis plan, tentu ada komponen yang harus ditulis dan yang sangat penting.

Berikut beberapa komponen dalam bisnis plan yang penting.

1. Marketing Mix (4P)

Apa yang dimaksud dengan marketing mix atau bauran pemasaran itu? Marketing mix atau sering disebut juga dengan 4P. Mengapa disebut 4P? Karena memang bauran pemasaran terdiri dari empat komponen P yaitu Price (Harga), Place (Tempat), Product (Produk), dan Promotion (Promosi). Semua komponen di dalam marketing mix sangat penting dan menentukan bagaimana sebuah bisnis akan dijalankan.

2. Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah singkatan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threats (Ancaman). Dalam analisis SWOT, ada dua ual yang berasal dari eksternal dan dua yang berasal dari internal. Yang berasal dari eksternal adalah Opportunity dan Threats, yaitu peluang dari luar dan ancaman yang akan memepengaruhi bisnis. Sedangkan Strength dan Weakness adalah kekuatan dan kelemahan yang mungkin akan timbul dari dalam bagian internal.

3. Visi, Misi, dan Tujuan

Visi adalah sesuatu yang menjadi dasar untuk apa bisnis dijalankan. Lalu Misi adalah bentuk terapan dari visi, bagaimana cara akan mewujudkan visi dari bisnis tersebut. Lalu untuk apa visi dan misi tersebut, apa hal yang diinginkan dari pembentukan visi dan misi itu itulah tujuan.

Demikianlah sedikit hal-hal yang harus ada dalam sebuah business plan. Semoga penjelasan singkat di atas dapat membantu kalian dalam membuat business plan dan menuangkan ide cemerlang kalian, siapa tahu bisa menarik minat investor. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini