Manfaat Cabai Merah untuk Kesehatan

by
January 14th, 2015 at 1:55 pm

CiriCara.com – Cabai merah atau nama inteleknya chili merupakan golongan buah dan tumbuhan, kerenkan? Cabai ini merupakan anggota dari Genus Capsicum (bukan capcuscin). Cabai ini biasa hadir sebagai bumbu masakan. Buah cabai yang pedas sangat terkenal dan popular di Asia Tenggara bertugas sebagai penguat rasa makanan.

lombok/cabai

Lombok atau cabai – Ist

Bagi seni masakan Padang, buah cabai ini dianggap sebagai ‘bahan makanan pokok’, kenapa demikian? Karena sulitnya bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai ini, buah cabai ini juga mengandung zat capsaicin yang mempunyai sifat menyengat pada sel-sel perasa pada lidah. Zat inilah yang menimbulkan cabai menjadi pedas dan panas apabila dikonsumsi.

Mungkin bagi sebagian orang ‘belum’ mengetahui keunikan buah cabai ini, yang mereka ketahui adalah sebagai pemedas rasa, akan tetapi buah cabai ini mempunyai beberapa keunikan lho, diantaranya adalah:

- Buat penyembuh luka

Bila kita terluka oleh pisau dapur, umumnya akan mencari obat luka, meski telah dioles oleh obat luka, namun rasa perihnya tetap terasa, nah untuk solusinya dengan cara alternatif yaitu dengan cara buah cabai dikeringkan lalu ditumbuk setelah halus maka taburkan pada luka, bubuk cabai tersebut fungsinya adalah untuk menghilangkan perih luka sekaligus menghentikan dengan capat nyeri dan pendarahan yang ada, prose itu dilakukan oleh zat capsaicin tersebut.

- Menghindari stroke

Buah cabai ini dapat memperkecil resiko terserang stroke berupa penyumbatan pembuluh darah serta jantung koroner, caranya sangat mudah, agar kita selalu mengkonsumsi zat capsaicin secara rutin sehingga darah akan tetap lancar sehingga terjadi penggumpalan pada pembuluh darah agar tidak terbentuk.

- Menyembuhkan sakit kepala dan nyeri sendi

Zat capsaicin mempunyai fungsi menghalangi aktivitas cara kerja otak saat menerima sinyal rasa sakit dari pusat sistem syaraf, dengan terhalangnya sinyal-sinyal maka akan mengurangi rasa sakit pada kepala dan nyeri sendi yang dideritanya, disamping itu bahwa rasa pedas cabai atau buah cabai dapat mengurangi migrain

- Mencegah resiko katarak

Cabai merah dengan zat capsaicinnya dapat membantu mengurangi resiko terkena katarak, hal tersebut dikarenakan karena peran serta dari vitamin C dan karoten terdapat pada buah cabai.

- Mengatasi rematik

Ternyata cabai merah dapat mengatasi rematik dengan baik, caranya dengan menyediakan 10 gram cabai merah kering, ditumbuk sampai halus kemudian diseduh dengan ½ air panas. Oleskan pada bagian yang sakit.

Demikianlah si Unik Cabai Merah, yang penghobi rasa pedasnya cabai, makanlah cabai sesuai takaran. Semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini