Seputar Tentang OMSK (Infeksi Kronis Gendang Telinga)

by
January 14th, 2015 at 2:32 pm

CiriCara.com – OMSK? Apaan sih itu? OMSK adalah singkatan dari Otitis Media Supuratif Kronik. OMSK sendiri sesuai namanya adalah salah satu jenis infeksi kelas berat atau kronis pada gendang telinga. OMSK ini sendiri menyebabkan adanya lubang atau gendang telinga yang berlubang dan dari lubang tersebut keluar cairan secara terus menerus.

membersihkan telinga

Ist

OMSK ini sendiri biasanya lebih banyak terdapat pada masyarakat di negara berkembang dibandikan dengan masyarakat yang berada di negara maju. Dimana Indonesia sendiri juga termasuk sebagai salah satu negara dalam kategori berkembang. Anda harus hati-hati!

Mungkin secara umum, OMSK ini lebih sering disebut dengan penyakit congek. Cairan yang keluar dari gendang telinga ini juga berbau agak amis.

Berbagai hal yang bisa menyebabkan OMSK ini. Salah satunya adalah kurangnya menjaga dan memperhatikan kesehatan telinga. Seringkali di saat telinga kita terasa gatal lalu kita langsung mengoreknya menggunakan benda-benda yang tak higenis dan tajam sehingga dapat melukai bagian dalam telinga terutama gendang telinga.

Selain itu juga bisa disebabkan karena kemasukkan air misalnya pada saat mandi atau pun berenang. Penyebab lain adalah karena sembarangan memasukkan obat ke dalam lubang telinga yang mungkin bukan obat rekomendasi dari dokter. Itulah sebabnya kita harus hati-hati.

OMSK ini bisa terjadi pada setiap usia dan kalangan. Tidak memandang umur atau pun lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini dikarenakan kurang peduli dan cara hidup yang tidak higenis.

OMSK ini tidak bisa dianggap sepele. Orang seringkali menganggap ini bukan masalah serius dan hanya mengobati dengan obat seadanya saja. Tapi hal ini sangat berbahaya jika tidak segera diobati. Memang dikarenakan ada tipe OMSK yang ringan, dengan ciri tidak rutinnya cairan telinga keluar. Namun bila tidak segera diobati, OMSK ini dapat mengakibatkan hal lain seperti kurangnya keseimbangan tubuh, tuli bahkan hingga kematian. Karena itu jangan anggap sepeleh hal-hal seperti ini dan segera obati hingga tuntas.

Setiap penyakit jika tidak diobati dengan serius pasti akan berdampak semakin parah. Karena itu, lebih perhatian dan sayangilah kesehatan Anda. Jangan cuek walaupun hal itu menurut Anda kecil. Demikianlah pembahasan seputar OMSK. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini