Tips Mengatasi Rasa Malas Belajar

by
January 14th, 2015 at 11:06 am

CiriCara.com – Setiap belajar di rumah atau pun di sekolah pasti kita sering merasa jenuh dan bosan. Mulai dari alasan karena tidak suka dengan mata pelajarannya sampai alasan karena gurunya galak. Ya, itu lah alasan para pelajar saat ditanya kenapa malas belajar?!

belajar

Malas belajar – Ist

Padahal agar bisa mendapat nilai baik dan lulus Ujian Nasional (UN) mereka tetap harus rajin belajar, apapun alasannya. Emangnya kamu mau nggak lulus ujian dan harus ngulang lagi satu tahun di sekolah? Tentu tidak bukan? Untuk itu, rubahlah kebiasaan malas belajar kamu itu.

Untuk membantu kamu, berikut ini ada beberapa cara mengatasi rasa malas belajar yang bisa kamu coba:

1. Belajar sambil mendengarkan musik

Banyak orang mengatakan jika kamu belajar sambil mendengarkan musik itu membuat kamu tidak berkonsentrasi dalam belajar. Tapi ada juga beberapa orang yang menggunakan cara belajar seperti itu agar mereka bisa menghilangkan rasa jenuh dan bosan dalam diri mereka. Musik ini bisa jadi penghibur saat rasa bosan itu muncul

2. Belajar di tempat yang sunyi

Hal ini dibutuhkan karena ketika kamu belajar di tempat yang sangat sunyi dan jauh dari keributan, kamu dapat berkonsentrasi dalam belajar di rumah. Laksanakan lah dengan 15-20 menit saja. Dengan demikian, tidak akan ada gangguan dari luar yang mengakibatkan kamu jadi malas belajar.

3. Pikirkan Manfaat Belajar di Masa Depan

Kamu harus sedikit berandai-andai untuk menyemangati kegiatan belajar kamu, dengan demikian, maka kamu akan menjadi lebih terpacu untuk meraih masa depan yang kamu inginkan. Tanamkan dalam hati, bahwa belajar itu penting untuk bekal masa depan.

4. Posisi Belajar Yang Pas

Janganlah belajar dengan posisi tubuh yang salah seperti sambil tiduran, nonton tv, ngobrol dan sebagainya. Hal ini akan menbuat daya konsentrasi kamu cepat hilang. Belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar atau di meja yang membuat kamu nyaman.

5. Mencari tahu metode belajar

Cobalah aktivitas tertentu yang menurut kamu dapat menunjang masuknya materi pelajaran ke dalam otak. Misalnya dengan belajar sambil mempraktikan secara langsung.

6. Strategi Menghapal Materi Pelajaran

Jika kamu memiliki kesulitan dalam menghapal dan memahami pelajaran, maka sebaiknya buatlah rangkuman pelajaran yang mudah dimengerti. Dapat juga dengan membuat gambar-gambar yang mewakili poin-poin pelajaran, merekam suara kamu ketika membaca materi pelajaran untuk didengar kembali.

Tidak ada manusia yang bodoh di dunia ini, yang ada hanyalah manusia malas yang membuat dirinya bodoh. Saya yakin, kamu bisa dapat nilai bagus asalkan mau belajar. Semoga bermanfaat.

Penulis: Shelyn Simorangkir

Comment di sini