4 Hal Unik dari Negeri Belanda

by
January 15th, 2015 at 3:14 pm

CiriCara.com – Mendengar kata Belanda tentunya kita ingat akan negara yang pernah menjajah negara kita. Tetapi penulis tidak akan membahas mengenai penjajahan atas Belanda. Negara ini merupakan negara yang terpadat penduduknya. Beberapa hal yang membuat negara ini unik adalah sebagai berikut:

kincir angin

Kincir angin Belanda – Ist

1. Memiliki populasi sepeda sebanyak 22 juta unit

Negara Belanda mempunyai sebutan negeri sepeda. Karena negara ini penduduknya kebanyakan bersepeda dengan jumlah sepedanya mencapai 22 juta unit perbandingan ini sangat jauh karena jumlah penduduk hanya 16.6 juta jiwa, artinya bahwa warganya mempunyai sepeda lebih dari satu. Dan yang bersepeda bukan kalangan warga biasa tetapi menteri, warga darah biru, usahawan, pegawai negeri, walikota, sopir bus dan lain-lain sehingga kendaraan kayuh tanpa bahan bakar ini benar-benar menjadi raja jalanan di sana.

2. Mempunyai gunung tertinggi 323 meter

Belanda mempunyai permukaan tanah yang sangat rata. Hampir sebagian dari negara Belanda posisinya berada kurang dari 1 meter DPL. Walaupun demikian, provinsi di Belanda yaitu Limburg yang berada di bagian tenggara negara ini adalah daerah perbukitan. Dan dataran tertinggi di Belanda hanya setinggi 323 meter dan bagi warga Belanda disebut dengan “Gunung”. Di negeri Belanda pun terdapat daerah dataran yang rendah yaitu di Nieuwerker dan Ijssel dan berada di 6,76 di bawah permukaan laut. (bisa tenggelam)

3. Memiliki jumlah museum lebih dari 1000

Menurut legenda bahwa banyak benda-benda purbakala asli Indonesia dikoleksi di museum-museum nasional di negari Belanda, adanya koleksi benda-benda purbakala di negara Belanda ketika Belanda menjajah negara Indonesia tercinta ini selama 3,5 abad. Keberadaan museum itu sangat seimbang di Belanda. Sehingga Belanda memiliki tingkat kepadatan jumlah museum tertinggi di dunia. Hal ini sangat berimbas pada kunjungan wisata pada negara tersebut.

4. Negeri Kincir Angin

Fungsi kincir angin di negeri Belanda digunakan sebagai sarana pembandu di bidang pertanian dan industri, seperti memproduksi kertas, mengasah kayu,mengeluarkan minyak dari biji serta menggiling jagung. Dulu sekitar abad ke-17 di negeri Belanda memiliki 10.000 kincir angin, namun sekarang hanya ada 1000 kincir angin dan kincir angin tersebut masih berfungsi sebagaimana mestinya.

Penulis: MasArif

Comment di sini