5 Hal Sederhana Agar Bisa Bangun Pagi

by
January 15th, 2015 at 3:54 pm

CiriCara.com – Bangun pagi bukanlah hal asing di telinga kita, seringkali kita dituntut untuk bangun pagi untuk pergi ke kantor, kuliah, sekolah, dan aktivitas lainnya. Bangun pagi memang merupakan hal yang mudah untuk diucapkan namun keyataannya sangat susah unuk dilakukan.

bangun

Bangun pagi – Ist

Banyak orang berpikir bahwa bangun pagi adalah ‘bencana besar’, dan ada banyak orang yang mengalami kesulitan bangun di pagi hari, seperti melawan rasa kantuk yang sangat berat, dan melawan kemalasan ketika kita harus bangun pagi-pagi. Itulah sebabnya sulit untuk bangun pagi.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara yang dapat membantu kita untuk bangun lebih cepat:

1. Matikan gadget

Gadget seperti smartphone merupakan salah satu faktor penghambat kita bangun di pagi hari. Mengaktifkan gadget akan membuat kita tidur lebih malam, karena kita asik bermain gadget dan seringkali kita lupa waktu untuk tidur. Menyalakan gadget saat tidur juga bisa membuat kualitas tidur kita menjadi buruk karena ada kemungkinan saat kita tidur akan ada panggilan suara orang yang mengirim pesan atau hubungi kita, dan hal tersebut dapat mengganggu tidur kita.

2. Minum air sebelum tidur

Dengan minum air sebelum tidur dapat membuat kita untuk bangun pagi-pagi karena jika kita minum banyak air sebelum tidur, ketika di pagi hari kamu harus bangun dan pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil. Jadi biasakan untuk minum air yang cukup sebelum tidur.

3. Buat jadwal kegiatan anda

Cobalah untuk membuat jadwal kegiatan Anda dari pagi sampai malam. Membuat jadwal kegiatan dapat membuat pikiran kita untuk terpacu bangun di pagi hari  karena kita tahu apa yang harus kita lakukan besok.

4. Jauhkan alarm dari jangkauan kita

Alarm adalah alat yang umum digunakan oleh banyak orang sebagai alat pembangun. Namun, efektivitas alarm sekarang menurun, hal ini karena kita sudah kebal terhadap suara alarm. Seperti contoh ketika alarm berbunyi kita cenderung untuk segera mematikan alarm dan kembali tidur. Untuk mencegah hal ini, kita dapat meletakan alarm di luar jangkauan kita, hal ini dapat memacu kita untuk bangun karena ketika kita ingin mematikan alarm secara otomatis kita harus bangun dan berjalan untuk mematikan alarm tersebut.

5. Kebiasaan

Biasakanlah bangun pagi. Ketika bangun pagi dijadikan sebagai kebiasaan, maka tidak sulit bagi kita untuk bangun pagi karena hal tersebut merupakan hal rutin yang kita lakukan setiap hari. Jadi jangan malas bangun pagi pas hari libur.

Penulis: Yesica Maudrey M

 

Comment di sini