7 Keunikan Negara Tiongkok

by
January 15th, 2015 at 9:59 am

CiriCara.com – Tiongkok merupakan salah satu negara dengan peradaban tuanya mempunyai banyak hal yang unik, mulai dari berbagai macam tradisi, tentang keilmuan hingga tentang perkembangan ekonominya yang akhir-akhir ini sungguh meroket tajam.

adu jangkrik tiongkok

Adu jangkrik di Tiongkok – Ist

Dalam hal industri Tiongkok mempunyai segudang prestasi yang tinggi walaupun itu hanya sebatas contekan, semua produk di dunia bertuliskan “Made in Tiongkok” bahkan merk Apple pun ada “kembarannya” di negeri itu. Ada beberapa fakta unik lain yang ada di negeri RRT (Republik Rakyat Tiongkok) ini seperti:

1. Mempunyai cadangan daging babi untuk mencegah inflasi

Di negeri Tiongkok ini mempunyai berbagai macam cadangan seperti cadangan minyak dan cadangan beras nasional, mungkin hal tersebut sudah biasa pada suatu negara. Tetapi di negeri ini mempunyai cadangan daging babi terbesar di negaranya yang tidak dimiliki oleh negara lain. Cadangan daging babi ini akan segara dilepas ke pasar nasional atau internasional bila harga daging babi ini melambung tinggi.

2. Mempunyai undang-undang pariwisata

Industri kepariwisataan di negeri Tiongkok sangat pesat tahun-tahun ini, sehingga negeri ini mengesahkan suatu undang-undang tentang kepariwisataan. Tujuan dibuatnya undang-undang pariwisata tersebut adalah untuk melindungi hak dan kepentingan para tourisme dan penguasaha pariwisata itu sendiri. Termasuk diantaranya membakukan aturan pasar wisata Tiongkok. Pada undang-undang tersebut disebutkan bahwa para pelancong atau wisatawan harus menjaga sikap dan kesopanan dan tidak membuat malu pada pemerintah Tiongkok dengan melakukan hal-hal negative yang melanggar hukum.

3. Mencuri mayat untuk pernikahan hantu

Mungkin pernikahan adalah hal yang lazim dilakukan, tetapi di RRT ini sepertinya ada tradisi baru yang turun menurun yaitu “Pernikahan Hantu”, pernikahan yang tidak lazim ini, dilakukan bila ada seorang pria lajang yang meninggal sebelum menikah. Biasanya pihak keluarga perempuan akan setuju agar jasad anaknya (si perempuan) dinikahkan dengan jasad pria yang sudah meninggal. Itupun dilakukan setelah lobi-lobi dengan biaya yang disepakati.

4. Penguburan di laut

Mahalnya tanah di dataran Tiongkok berdampak pada harga kuburan juga ikut mahal. Dengan hal itu membuat pemerintah lokal di Tiongkok memberikan insentif keuangan para keluarga yang anggota keluarga meninggal dunia dengan cara menyebarkan abu-abu dari kerabat yang meninggal di laut Guangzhou sebesar 160 dollar AS, Shanghaim sebesar 320 dollar, Shaoxing 800 dollar dan Wenzhou 1290 dollar.

5. Toko Apple Tiruan

Segala sesuatu produk yang ada di Tiongkok bisa dicontek, dari barang-barang hingga toko. Seperti di Kunming Tiongkok Selatan, bahwa di daerah tersebut ada toko Apple Tiruan yang menjual Apple Asli

6. Adu jangkrik

Jika di Spanyol terkenal dengan adu banteng, tetapi di Tiongkok ada adu jangkrik. Kegiatan ini dianggap sebagai olahraga termashur di negeri tersebut. Menurutnya bahwa menjaga jangkrik merupakan warisan kuno yang patut dilestarikan sekitar 3200 tahun silam, karena jangkrik mempunyai suara yang indah. Dan kebanyakan masyarakatnya menghabiskan berjam-jam untuk melatih jangkrik-jangkrik untuk bertanding dan mereka akan membeli jangkrik satu lusin kemudian memilih satu ekor terbaik untuk diadu. Dan mereka bertaruh demi kemenangan si jangkrik yang dijagokan.

7. Jaring untuk pencegahan bunuh diri pekerja

Di negeri Tiongkok ini jumlah perusahaan cukup banyak sehingga memperkerjakan jumlah pekerja yang banyak juga. Dan strees biasanya menghinggapi para pekerja karena bekerja tanpa waktu. Di perusahaan Foxconn contohnya, di situ para pimpinan perusahaan memasang jaring di luar asrama guna mencegah terjadinya insiden bunuh diri.

Penulis: MasArif

Comment di sini