Cara Dapat Modal untuk Memulai Bisnis Anda

by
January 15th, 2015 at 2:56 pm

CiriCara.com – Setiap orang pasti ingin dirinya sukses. Oleh karena itu dia terus bekerja. Sistem bekerja tiap orang tidaklah sama. Ada yang memilih jadi pegawai, ada yang memilih jadi owner, ada yang memilih jadi pemegang saham, founder dan sebagainya.

pinjaman modal usaha

Pinjaman modal usaha – Ist

Sebagi seorang entrepreneur, kita tentu harus memiliki inovasi untuk mendukung agar bisnis kita bisa terus berkembang. Dalam memulai sebuah bisnis, kebanyakan bisnis yang dijalani akan membutuhkan modal yang cukup besar. Bagi yang sudah mempunyai modal sendiri, mungkin akan merasa tenang dan nyaman. Namun bagaimana jika mereka yang punya ide inovasi namun tidak bisa merealisasikannya dikarenakan faktor modal.

Berikut akan dibahas beberapa sumber modal yabg dapat jadi referensi kalian dalam membantu bisnis:

1. Modal sendiri

Sudah dibahas sedikit tentang modal sendiri. Mungkin bisa dari tabungan kalian di bank atau asset kalian seperti rumah dan lainnya. Modal sendiri adalah sumber modal yang paling enak karena tanpa harus membebani dan memberi beban kepada siapa pun. Selain itu juga, keuntungan bisa langsung didapatkan dan tidak ada kewajiban pembayaran sumber modal kepada pihak mana pun.

2. Pinjaman Keluarga atau Teman

Mungkin ada saudara, teman atau keluarga yang mempunyai uang lebih. Mungkin juga mereka adalah orang yang royal sehingga bisa meminjamkan uang kepada kita. Namun hal ini mungkin akan meninggalkan perasaan balas budi kepadanya. Intinya harus ada ucapan terimakasih.

3. Bank

Ini merupakan salah satu sumber modal yang juga diminati. Anda dapat meminjam sejumlah uang kepada bank dengan menaruh sesuatu asset yang nilainya lebih dari pinjaman kalian sebagai jaminan kepada bank. Pinjaman ini berbunga dan kita akan kehilangan asset yang dijaminkan jika tidak mampu membayar cicilan dengan jangka waktu yang ditentukan.

4. Pegadaian

Pegadaian hampir sama seperti bank. Anda menggadaikan sesuatu yang berharga lalu Anda akan mendapatkan sejumlah uang untuk dijadikan modal usaha.

5. Investor

Investor akan menginvestasikan uangnya kepada kita sebagai modal. Namun dengan dia memberikan modal, biasanya kita akan berkewajiban membayar dividen atau kepemlikian perusahaan (jika itu saham) dan membayar bunga tanpa kepemilikan saham secara rutin (jika itu obligasi).

Demikianlah penjelasan singkat mengenai sumber modal untuk bisnis Anda. Semoga dapat menjadi referensi Anda. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini