Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

by
January 15th, 2015 at 3:42 pm

CiriCara.comMadu adalah salah satu minuman yang menyehatkan dengan rasa yang enak. Karena rasanya yang manis bisa menjadi bahan campuran minuman atau pun dessert yang menyegarkan, akan tetapi madu yang sehat banyak dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab supaya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Madu / Smart Girls Tips

Madu / Smart Girls Tips

Karenanya, Anda harus lebih berhati-hati lagi saat akan membeli madu di pasar. Jangan sampai Anda tertipu memilih madu palsu hanya karena tergiur harga yang murah. Berikut tips membedakan madu yang asli dan madu palsu supaya Anda tidak keliru saat memilih:

1. Cara dibakar

Cara pertama untuk membedakan madu asli dan madu palsu yaitu: sediakan sendok, lilin, dan korek api. Letakan madu yang Anda ingin coba keasliannya di atas sendok dan bakar di atas lilin yang menyala pada bagian bawah sendok. Setelah itu Anda akan menemukan perbedaan madu yang asli dan madu palsu. Jika madu asli maka madu akan mendidih dan busa yang dikeluarkan banyak dan tumpah sedangkan madu yang palsu akan mendidih tetapi busa yang dikeluarkan sedikit.

2. Uji Coba Melalui Kartas

Uji coba melalui kertas anatara madu asli dan madu palsu dengan cara melumuri madu asli atau madu palsu. Jika madu asli kertas yang dilumuri madu tidak akan sobek sedangkan madu palsu kertas tersebut akan sobek dan tembus oleh madu.

3. Masukan Madu ke Dalam Lemari Es

Uji coba juga bisa dilakukan dengan cara memasukan madu ke dalam lemari es, jika madu tersebut asli madu tidak akan membeku dan sebaliknya jika madu tersebut palsu madunya akan membeku di dalam lemari es. Anda bisa mengujinya sendiri di rumah.

4. Tidak Memiliki Masa Berlaku

Madu asli tidak memiliki masa kadarluarsa atau masa berlaku. Berbeda dengan madu palsu yang sudah dicampuri dengan bahan-bahan lainnya, rasa madunya akan berubah dalam kurun waktu tertentu (kadaluarsa).

5. Dicampur dengan Kuning Telur

Untuk mengetahui madu asli atau palsu, Anda bisa mencampurnya dengan kuning telur bebek. Bila madu tersebut asli maka kuning telur bebek tersebut akan berubah warna dan terlihat seperti setengah matang.

Penulis: Octaviani Olivia

Comment di sini