Dampak Buruk dari Rasa Malas

by
January 15th, 2015 at 10:26 am

CiriCara.com – Bentar lagi aja kerjainnya. Kan masih bulan depan baru dikumpul. Ah, kan tugasnya gampang banget itu, paling sebentar juga selesai. Seringkali rasa malas menghantui kita. Pekerjaan yang seharusnya mudah dilakukan, seringkali kita mengulur-ulur waktunya sehingga kita mengerjakannya pada waktu yang sangat sempit hingga lembur. Alhasil ap? Alhasil pekerjaan yang dikerjakan pun tidak membuahkan hasil yang maksimal. Padahal jika pekerjaan itu benar-benar dikerjakan dengan tidak terburu-buru bisa saja memberi hasil yang maksimal.

pacar pemalas

Pemalas – Roy McMahon/Corbis

Kita tidak bisa mencegah rasa malas itu sendiri. Sebagai manusia yang normal, pasti akan ada rasa malas pada setiap atau beberapa pekerjaan yang dilimpahkan pada kita. Namun kita bisa saja mencegah dan mengatasi rasa malas itu. Hanya saja kedagingan kita sendiri lebih kuat dan seringkali kita tidak bisa mencegah hal itu terjadi.

Tahukah kalian, rasa malas bukan muncul karena tugas itub terlalu sulit atau hal lain. Tapi sebagian besar rasa malas muncul karena kita sendiri yang tidak mau menolaknya dan menerima rasa malas itu dengan nyaman.

Tentunya rasa malas memberi kerugian pada diri kita. Misalnya tugas yang dikerjakan tidak maksimal sehingga atasan memarahi kita atau pun saat ujian tidak belajar sehingga mendapat nilai yang jelek. Namun, rasa malas pada diri kita tidak hanya bisa merugikan diri kita saja.

Rasa malas dalam diri kita bisa merugikan orang lain di sekitar kita juga. Misalnya karena malas dan mendapat nilai yang jelek, sehingga kita tidak lulus suatu mata kuliah dan akhirnya mengharuskan orang tua membayar uang lebih karena kita harus mengulang mata kuliah tersebut.

Dengan membiarkan rasa malas timbul dalam diri kita, berarti kita tidak menghargai berkat dan tugas yang diberikan Tuhan atas kita. Tahukah kalian, Tuhan tidak pernah menahan berkat kalian namun Tuhan hanya membiarkan siapa dulu yang meraihnya. Jika kita orang rajin, maka kita akan bisa mengambil berkat itu terlebih dahulu. Karena itulah banyak orang rajin yang lebih sukses dan kaya dari orang malas. Selain itu jika kita dikenal sebagai orang yang malas, kepercayaan orang atas diri kita pasti berkurang.

Masih mau malas-malasan? Stop untuk menjadi malas, ubahlah kebiasaan negatif tersebut dan lakukan hal-hal yang positif. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini