Fakta Antara Bakteri dan Tubuh Manusia

by
January 15th, 2015 at 11:03 am

CiriCara.com – Hihhh, jangan pegang ini, itu kan kotor entar tangan kamu penuh bakteri. Jangan makan makanan yang sembarangan dong, entar kamu sakit perut lagi, kan makanan itu kita nggak tau ada bakteri atau nggak. Kamu kok belum bersih-bersih rumah sih, kamu jorok banget.

cuci tangan

Membunuh bakteri di tangan – Ist

Banyak sekali hal-hal yang dihindari manusia terutama tentang sesuatu yang kotor. Semua manusia pastinya ingin hidup sehat, karena itulah mereka berusaha sebisa mungkin menjaga kebersihan. Kenapa kebersihan adalah salah satu kunci untuk hidup sehat? Karena jika bersih, berarti kita tidak membiarkan kuman, bakteri dan virus untuk tinggal dan membuat lingkungan kita jadi kotor.

Nah, berikut akan dibahas seputar tentang bakteri dan beberapa hubungannya dengan tubuh manusia:

1. Higienis dan Tidak Higienis?

Kebanyakan dari kita pasti memandang bahwa semua yang berhubungan dengan bakteri itu pasti kotor, tidak higienis dan bisa membuat kita menjadi sakit. Memang, sebagian besar kegiatan kita selama sudah berada di bumi ini ketika berhubugan dengan bakteri, pasti kotor. Tapi, tahukah kalian, saat kita masih belum lahir ke dunia atau dengan kata lain masih di kandung oleh ibu kita, kita itu masih higienis alias belum berinteraksi dengan bakteri.

Namun saat ibu kita melahirkan kita sejak kali pertama, kita langsung menerima dan berinteraksi dengan bakteri secara langsung. Nah hal itu membuat tubuh kita yang awalnya steril dari bakteri menjadi tempat tinggal bakteri. Perlu diketahui, hampir semua bagian tubuh kita ini sudah dihuni oleh bakteri.

2. Ada Bakteri Baik dan Ada Bakteri Jahat

Bakteri dalam tubuh manusia sendiri terbagi menjadi dua kubu, yaitu bakteri baik dan bakteri jahat. Bakteri baik tentu berguna bagi tubuh kita sedangkan bakteri jahat sebaliknya, ia merugikan kita dan bisa membuat kita sakit. Bakteri jahat dan baik tidak bisa bersatu, mereka selalu berusaha merebut kekuasaan di dalam bagian tubuh kita sendiri. Namun tetap ada bakteri yang netral, ia tidak jahat dan baik. Jika bakteri baik yang menang ia akan pergi ke pihak bakteri yang baik begitu juga sebaliknya. Hihihi… Lucu ya.

3. Basmi Bakteri Jahat

Bakteri juga mikroorganisme yang dapat berkembag biak, apalagi perkembangbiakan bakteri ini tergolong sangat cepat. Bisa bayangkan bagaimana tubuh kita jika kita hanya biarkan bakteri itu berkembang dan hanya menjadi parasit di tubuh kita. Oleh karena itu, hidupalah dengan mencuci tangan pakai sabun, makan-makanan sehat, minum air, sehingga dapat mengatasi perkembangbiakan bakteri jahat lebih lagi.

Penjelasan dan fakta di atas, hanyalah fakta singkat saja. Masih banyak fakta lainnya. Nantikan artikel lainnya mengenai kesehatan. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini