Manfaat Konsumsi Buah untuk Tubuh

by
January 15th, 2015 at 11:49 am

CiriCara.com – Ada yang nggak suka makan buah? Masak sih ada yang nggak suka makan buah. Setiap buah memiliki rasa, warna aroma dan tekstur masing-masing. Tidak heran jika setiap jenis buah mempunyai penggemar masing-masing. Sebagian besar buah memiliki citarasa yang manis dan menarik.

buah buahan

Buah – Ist

Dibalik rasanya yang menarik dan manis itu, buah secara umum memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Berikut manfaat buah secara umum.

1. Membuat Pencernaan Menjadi Lancar

Mengapa dengan mengkonsumsi buah bisa menyebabkan pencernaan menjadi lancar? Buah adalah salah satu makanan yang dikonsumsi dan banyak mengandung serat. Kandungan serat dalam buah secara umum begitu berlimpah. Serat adalah salah satu zat yang dibutuhkan dalam proses pencernaan. Jadi dengan mengkonsumsi buah jenis tertentu secara rutin, kalian tidak perlu takut akan mengalami sembelit.

2. Membuat Mata Menjadi Sehat

Salah satu kandungan yang terdapat hampir di setiap buah adalah vitamin A. Vitamin A sangat penting dalam perawatan mata Anda. Dengan mata yang sehat, maka Anda tidak perlu takut memakai kacamata dan juga mata kalian akan terlihat lebih jernih.

3. Menyehatkan Rambut

Vitamin C juga sangat penting bagi tubuh manusia. Vitamin C pada umumnya kita ketahui sebagai vitamin pencegah sariawan, melindungi tubuh dari penyakit dan pencegah panas dalam. Namun kegunaan lain dari vitamin C adalah membantu dalam proses pembuatan kolagen. Dalam hal ini kolagen berfungsi untuk memperkuat rambut dan membuat rambut tidak mudah patah. Selain itu dengan rambut yang sehat, berarti kulit kepala kita juga sehat.

4. Mengatur Berat Badan

Kandungan serat dalam tubuh selain berguna untuk memperlancar pencernaan, serat juga dapat menjaga dan mengontrol berat badan loh. Kenapa? Karena serat menyerap minyak dan membuat zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh mungkin seri penumpukkan lemak dalam perut. Selain itu, serat yang terkandung dalam buah merupakan selulosa yang dapat menahan lapar tanpa membuat organ pencernaan terluka.

Gimana penjelasannya tentang buah di atas? Menarik dan bermanfaat nggak? Tentu ada jenis buah tertentu yang kurang baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Nantikan pembahasan tentang buah pada artikel lainnya. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini