Perhatikan 5 Hal Ini Saat Bepergian Jarak Jauh Pakai Motor

by
January 15th, 2015 at 3:28 pm

CiriCara.com – Untuk kamu yang suka travelling dalam jarak yang jauh atau touring menggunakan kendaraan sepeda motor, pastinya persiapan dalam berkendara perlu diperhatikan. Hal ini penting untuk kenyamanan dan keselamatan dalam perjalanan yang akan ditempuh.

touring motor

Perjalanan pakai motor – Ist

Mau tahu hal apa saja yang perlu disiapkan sebelum berkendara jauh? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum bepergian jarak jauh:

1. Perhatikan marka jalan dan rambu lalu lintas

Selalu perhatikan dan patuhi rambu lalu lintas yang ada di jalan. Dengan mematuhi peraturan, kita dapat terhindarkan dari musibah yang dapat merugikan diri sendiri. Lampu utama selalu di nyalakan sehingga dapat memberikan tanda kepada pengendara lain. Jangan lupa untuk memberikan lampu sen (lampu untuk berbelok) ketika akan berbelok.

2. Bawalah kendaraan ke bengkel

Tentunya dengan berkendara jauh, kendaraan yang digunakan harus dalam kondisi yang prima agar tidak merepotkan pengendara saat di perjalanan. Bawalah kendaraan ke bengkel untuk mengganti oli, memeriksa kadar kekuatan rantai, tune up mesin agar performa mesin stabil, dan pastikan rem berfungsi dengan baik karena rem adalah salah satu kunci utama dalam keselamatan berkendara.

3. Bawa peralatan kendaraan yang lengkap

Karena perjalanan yang di tempuh sangat jauh, sangat memungkinkan bahwa kendaraan akan mengalami masalah dan ini sangat menghambat perjalanan karena tidak setiap tempat yang dilewati saat touring tersedia bengkel motor. Untuk itu, bawalah peralatan penting seperti kunci-kunci, tali gas dan tali kopling, kampas rem, ban dalam dan rantai baru.

4. Pastikan kebugaran pengendara

Jika menempuh perjalanan yang jauh, tentu kita harus menyiapkan fisik dan stamina yang kuat agar fokus dan tanggap sehingga dapat menghindari kecelakaan. Jangan paksakan berkendara jika keadaan tubuh tidak fit untuk mengurangi resiko kecelakaan. Makanlah yang cukup dan minum vitamin agar badan fit dan siap untuk berkendara.

5. Perlengkapan pengendara

Jangan lupa gunakan peralatan keamanan tubuh seperti jaket, helm, sepatu yang kuat, sarung tangan dan protector kaki karena ini penting sebagai proteksi bagi pengendara. Gunakan semua peralatan yang di atas dengan kualitas yang bagus karena kualitas menjamin keselamatan pengendara.

Penulis: Erlangga Widjaja

Comment di sini