Tips Mencegah Datangnya Jerawat

by
January 15th, 2015 at 1:26 pm

CiriCara.com – Memiliki kulit wajah yang sehat tanpa jerawat adalah impian semua wanita. Tetapi tidak banyak wanita yang perduli atau memperhatikan dan mengerti cara-cara merawat kulit wajah agar terasa halus dan terlihat indah. Di artikel inilah kita akan mengetahui cara termudah untuk mengatasi masalah tersebut.

jerawat

Jerawat – Ist

Kita dianjurkan mencuci wajah dua kali dalam sehari, khususnya untuk para wanita sering kali malas mencuci atau membersihkan wajah setelah menggunakan kosmetik. Setelah menggunakan kosmetik, kita dianjurkan untuk membiasakan diri membersihkan wajah dengan make up remover lalu mencuci dengan sabun cuci muka yang biasa dipakai.

Sebagai anjuran untuk wajah yang cenderung berjerawat gunakanlah kosmetik yang berlebel noncomedogenic. Apa itu noncomedogenic? Noncomedogenic adalah istilah yang digunakan untuk minyak, lotion, dan krim kulit yang tidak menyumbat pada pori-pori.

Terkadang produk noncomedogenic ini juga disebut sebagai non-oklusif. Teori di balik menggunakan lotion yang noncomedogenic adalah dengan tidak menutup pori-pori, bahan ini akan mengurangi timbulnya jerawat. Kita juga harus menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan moisturizer agar kulit tidak mudah kering.

Kebanyakan wanita berambut panjang, suka menutupi wajahnya dengan rambut. Biasakan rambut kita tidak mengenai wajah karena banyak debu dan bakteri-bakteri yang menempel di rambut. Begitu juga dengan tangan, jangan biasakan tangan kalian menyentuh wajah, cucilah terlebih dahulu tangan dengan sabun.

Aktifitas-aktifitas sangat banyak dilakukan pada siang hari yang mengharuskan kita bertemu langsung dengan sinar matahari maka usahakanlah untuk menghindari terpaparnya sinar matahari langsung pada wajah di siang hari. Terkenanya sinar matahari lansung dapat mengakibatkan kulit mudah terbakar, hitam, kasar, kusam, dan berjerawat. Jerawat sendiri juga ada berbagai macam jenisnya yang sering dialami oleh seseorang, misalnya jerawat biasa, jerawat batu, dan jerawat komedo.

Wanita cenderung suka memakan-makanan yang mengandung minyak seperti goreng-gorengan. Itulah salah satu makanan yang harus kita hindari. Kita juga harus mengurangi stress dengan berolahraga yang teratur karena Jerawat yang disebabkan oleh minyak berlebih dan bakteri yang menghasilkan peradangan pada kulit tidak hanya bisa terjadi dan muncul di bagian wajah saja, melainkan ditempat lainnya seperti di bagian punggung, pundak, ketiak, bahkan leher.

Penulis: Friska Ulima Mistiono

Comment di sini