4 Makanan dari Olahan Ikan

by
January 16th, 2015 at 1:25 pm

CiriCara.com – Ikan? Suka ikan? Dengan cara apa kalian mengkonsumsi ikan? Dibakar? Dipanggang? Direbus? Dikukus? Digoreng? Atau dimakan mentah? Banyak cara yang dibuat dalam mengkonsumsi ikan. Yah tujuan utamanya tentu untuk membuat rasa nikmat dan menambah sensasi makan ikan sendiri.

Ikan segar - Ist

Ikan segar – Ist

Ikan tidak hanya dikonsumsi secara utuh, tapi ikan juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang jadi favorit kamu juga pastinya. Berikut bahasan mengenai makanan yang dibuat dari olahan ikan.

1. Pempek

Pada artikel sebelumnya sudah pernah dibahas seputar tentang pempek. Makanan khas kota yang terkenal dengan jembatan Amperanya itu menjadi makanan favorit banyak orang. Pempek merupakan olahan daging ikan yang dihaluskan, lalu diberi sagu, garam, dan penyedap rasa lainnya. Tapi hanya ikan tertentu saja yang dagingnya bisa diolah menjadi pempek seperti ikan tenggiri, ikan belida, ikan gabus dan ikan sarden. Tiap ikan menghasilkan tekstur pempek yang berbeda. Beberapa ikan memiliki tesktur daging yang tidak sesuai dan tidak bisa dijadikan olahan menjadi pempek.

2. Bakso Ikan

Bakso bukan hanya dari daging sapi saja. Walaupun makanan berbentuk bulat ini memang biasa berbahan dasar daging sapi, tapi ikan juga bisa dibuat menjadi bakso. Jadi bagi yang mungkin ingin makan bakso, tapi takut karena berbahan dasar daging sapi, Anda bisa menggantinya dengan daging ikan.

3. Kerupuk dan Kemplang

Wah, pas banget makanan ini menemani kamu saat makan nasi goreng, makanan berkuah atau makanan lainnya. Kemplang dan Kerupuk yang memakai daging ikan mempunyai citarasa yang khas dan lezat.

4. Otak-otak

Otak gue? Bukan dong. Ini otak-otak makanan. Makanan olahan daging ikan ini dibuat dengan campuran santan dan putih telur lalu dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang. Teman makan otak-otak adalah cuka cabai merah. Udah kebayang kan gimana lezatnya. Apalagi jika dimakan dalam keadaan panas. Wah lezat.

Pembahasan di atas hanyalah sedikit dari makanan yang dibuat atau berbahan dasar daging ikan. Masih banyak makanan yang bisa diolah menggunakan daging ikan. Nantikan pembahasan mengenai makanan selanjutnya. Selamat hidup sehat. Semiga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini