5 Manfaat dan Pentingnya Sarapan Pagi

by
January 16th, 2015 at 1:49 pm

CiriCara.com – Sarapan pagi adalah makan pertama yang dikonsumsi setelah bangun dari tidur malam, paling sering dilakukan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas sehari-hari agar mendapatkan manfaat yang optimal. Sereal, sosis, roti, buah segar, sayuran dan telur adalah beberapa contoh dari makanan untuk sarapan pagi yang bermanfaat.

sarapan pagi

Sarapan bareng keluarga – Ist

Sarapan pagi itu sangat penting, biar kamu nggak kelaparan dan bisa beraktivitas dengan penuh tenaga. Tidak hanya untuk mencegah lapar, sarapan pagi ini juga mempunyai beberapa manfaat untuk tubuh. Mau tau apa saja manfaat dari sarapan pagi? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

- Sarapan pagi hidup lebih sehat

Sarapan pagi dapat meningkatkan kesehatan dari kekuatan otak, kekebalan tubuh, lingkar pinggang lebih ramping dan juga jantung menjadi lebih sehat. Sarapan pagi merupakan komponen penting dari gaya hidup sehat.

- Sarapan pagi membantu menurunkan berat badan

Jika ingin menurunkan berat badan beberapa kilogram, melewatkan manfaat sarapan pagi adalah salah satu hal buruk yang dilakukan karena orang yang melewatkan sarapan pagi cenderung mengkonsumsi makanan dengan porsi lebih banyak dan makanan berlemak dari sisa hari.

- Sarapan pagi meningkatkan energi

Pada saat bangun dari tidur gula darah kita berada pada titik terendah, sarapan pagi dapat membuat gula darah meningkat lebih lambat sepanjang hari. Perlu kamu ketahui, gula darah ini sangat penting untuk energi tubuh kita.

- Sarapan pagi membuat pikiran fokus

Penelitian telah menunjukkan dampak positif dari sarapan pagi yang sehat dan seimbang, yaitu kemampuan fungsi otak untuk konsentrasi dan memori jangka pendek. Namun tetap, kamu harus memilih menu sarapan yang memang benar-benar bergizi dan menyehatkan.

 - Sarapan pagi memelihara kesehatan jantung

Orang yang sarapan di pagi hari memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah, garis pinggang yang lebih kecil dan cenderung memilih gaya hidup sehat dibandingkan orang yang tidak sarapan di pagi hari. Meskipun penelitian belum meyakinkan hubungan manfaat sarapan pagi dengan hati sehat, sangat mungkin komponen dari diet jantung sehat.

Gimana, sudah tahu kan manfaat sarapan pagi itu apa aja? Jadi, kamu jangan sampai lupa sarapan ya sebelum beraktivitas. Semoga bermanfaat!

Penulis: Andella F Andriani

Comment di sini