Cara Mengasah Intuisi Manusia

by
January 16th, 2015 at 11:04 am

CiriCara.com – Pasti di antara Anda pernah ada yang punya firasat terlebih dahulu sebelum mengalami sesuatu kejadian. Contohnya yaitu sebelum pergi ke kampus, ada feeling kalau di kampus akan ada kejadian buruk yang menimpa kita, atau merasa kalau teman baru kita bukanlah orang yang tulus berteman dengan kita. Yap, feeling sering juga disebut intuisi. Yang artinya adalah kekuatan yang besar di balik dari semua yang ada di pikiran kita.

intuisi

Intuisi – Ist

Intuisi sangat berbeda dengan yang namanya prasangka. Prasangka yaitu sikap kecurigaan dari suatu masalah. Sedangkan definisi intuisi yaitu saat di mana kita mengetahuinya tapi tanpa mengetahui bagaimana caranya. Sedikit aneh bukan? Itulah bukti keunikan manusia. Intuisi datang dalam diri kita secara sadar, tanpa dasar atau alasan apa pun itu.

Sebenarnya manusia memiliki ingatan yang sangat kuat di bawah alam sadar manusia. Seperti dalam kasus mengenali orang jahat di antara kerumunan. Kalau hanya di lihat seperti hanya sebuah kebetulan, tapi kalau diperhatikan dan dianalisa lebih dalam lagi, itulah saat intuisi kita berhasil. Seorang psikolog mengatakan bahwa intuisi sering disebut juga kecerdasan hati, karena informasinya tidak didapat dari ide, buah pikiran atau pun analisa. Bagusnya, intuisi seperti kata hati yang bisa “melindungi” hidup kita. Jadi kalau ada kejadian yang mungkin menggangu, otomatis tubuh kita memberikan sinyal. Wah, hebatnya tubuh manusia.

Ternyata kemampuan intuisi bisa diasah supaya menjadi lebih kuat. Kita harus terbuka dan juga peka. Tapi melatih intuisi kita tidak instan. Cobalah cara berikut untuk mengasah intuisi kita:

  • Cari atau ciptakan tempat hening, karena kalau tidak hening akan membuat intuisi tersamar.
  • Tenang dalam berpikir. Ingat bahwa intuisi datang tanpa alasan, kalau tidak tenang yang akan muncul bisa jadi prasangka.
  • Cinta dan nyaman dengan diri kita sendiri. Intuisi berasal dari dalam diri, kalau kita tidak nyaman bagaimana bisa mendengar dan percaya dengan “suara” intuisi.
  • Jawaban dari intuisi bisa berupa mimpi, reaksi tubuh, symbol atau kebetulan lainnya.
  • Melatih intuisi dari kehidupan sehari-hari seperti memilih warna baju.

Semoga bermanfaat!

Penulis: Agta Eka Putri

Comment di sini