Hal Menarik Tentang Cabai yang Perlu Kamu Tahu

by
January 16th, 2015 at 8:45 am

CiriCara.com – Suka makanan pedas? Rasa pedas sering diidentikkan dengan penambahan cabai. Yah, warnanya beragam ada yang merah, kuning, dan ada yang berwarna hijau. Semuanya tentu mempunyai rasa pedas. Rasa pedas pada semua cabai tidaklah sama, tergantung jenis dari cabai itu sendiri.

Cabai / Ist.

Cabai / Ist.

Nah, bagi kamu yang sangat mencintai tanaman berbentuk panjang ini, kali ini akan dibahas seputar beberapa fakta tentang cabai.

1. Seputar Tentang Spesies Cabai

Dilihat dari sisi taksonominya, cabai termasuk ke dalam family terong-terongan alias satu keluarga sama terong-terongan atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Solonaceae. Paprika juga ternyata termasuk ke dalam golongan cabai, karena itu ia juga mempunyai rasa pedas. Berbagai spesies cabai dimulai dari cabai yang berukuran kecil seperti cabai rawit dan cabai yang berukuran besar seperti cabai merah dan keriting. Jenis apapun, cabai tetaplah punya rasa yang pedas.

2. Rasa Pedas Yang Meledak di Mulut

Banyak orang yang suka mengkonsumsi cabai namun tidak tahan dengan rasanya yang pedas. Tapi pernahkah kalian berpikir saat kalian belajar tentang indra manusia saat masih sekolah dulu, bukankah tidak ada rasa pedas yang ada pada lidah. Rasa manis, asam, asin dan pahit, hanya itu saja kan? Kok bisa ya kita ngerasain rasa pedas dari cabai? Karena ada zat pada cabai yang saat menyentuh mulut kita, maka akan memberi respon ke otak dan memberi rasa sakit dan juga rasa panas. Itulah sebenarnya kenapa kita bisa merasakan rasa pedas.

3. Pedasnya yang Juga Bermanfaat

Walaupun orang suka mengeluh dengan rasa pedas yang diberikan cabai saat mengkonsumsinya, tapi tidak sedikit juga yang menikmati sensasi rasa pedas itu sendiri. Di balik rasa pedasnya yang panas dan menyakitkan, cabai juga mempunyai manfaat. Manfaat itu seperti membuat jantung sehat, menurunkan kolestrol, menyehatkan jantung, menawar sariawan, dan berbagai manfaat lainnya.

4. Membunuh Bakteri Penyebab Maag

Memakan cabai sering diidentikkan membuat perut terasa sakit. Apalagi jika kalian yang mempunyai riwayat terkena penyakit maag, pasti konsumsi cabai harus dikontrol atau bahkan tidak sama sekali. Namun di balik semua itu, ternyata salah satu kandungan dalam cabai dapat membunuh kuman penyebab penyakit Maag. Waw!

Gimana? Makin cinta sama cabai? Sensasi pedasnya terus menambah nafsu makan dan membuat orang yang mengkonsumsinya sebagian besar ingin terus mengkonsumsinya. Tetap konsumsai cabai dalam takaran yang tidak berlebihan. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini