Keunikan Negara Australia

by
January 16th, 2015 at 2:31 pm

CiriCara.com – Australia atau Persemakmuran Australia dan merupakan negara yang berada di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania dan pulau-pulau kecil di Samudra Hindia dan Pasifik. Negara Australia disebut juga negara jajahan Inggris, karena dulunya banyak orang-orang yang dibuang atau ditahan di negara Kanguru tersebut.

negara australia

Australia – Ist

Australia bertetanggaan dengan negara-negara seperti Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini, Solomon, Kaledonia Baru, Vanuatu, Selandia Baru. Australia salah satu negara dengan penduduknya yang multikultur. Di negara ini terdapat warga negara asing dari berbagai negara seperti Afrika, Asia bahkan Amerika Selatan.

Australia merupakan negara terbesar keenam di dunia, memiliki keunikannya tersendiri mulai dari geografis, sosiologi, geografi Berikut beberapa keunikan tentang Australia.

  1. Mempunyai pagar Dingo terpanjang di dunia. Dingo adalah satu salah satu hewan liar yang (mungkin) hanya ada di negara Australia. Karena sangat liarnya hewan ini ditakuti para peternak domba wol, kadang-kadang Dingo memangsa domba-domba di lapangan, sehigga kerugian dari para peternak dan pembuat kain wol. Dan untuk mencegah terjadinya pemangsaan oleh hewan Dingo tersebut, maka pemerintah Australia membuat pagar yang tinggi agar hewan tersebut tidak bisa lagi mendekati ladang-ladang masyarakat dan peternakan domba wol tersebut. Tinggi pagar tersebut dibangun dengan panjang 5.614 kilometer, pagar tersebut mulai dibangun sekitar tahun 1880 hingga 1885.
  2. Layanan kesehatan dokter terbang. Masyarakat yang berdomisili di pelosok-pelosok negeri dan terpencil bisa mendapatkan kesehatan dari pemerintahannya dan melalui departemen kesehatan diadakan layanan kesehatan terbang. Dengan menggunakan pesawat kecil, para pelayan kesehatan (dokter) diterbangkan ke pulau-pulau terpencil tersebut. Royal Flying Doctor Service of Australia merupakan dinas non-profit yang membantu masyarakat terpencil yang kesulitan dalam pelayanan kesehatan.
  3. Rumah Domba. Survey sekitar tahun 2000 di Australia terdapat 120 juta domba hal tersebut berdampak dari menurunnya permintaan benang wol sehingga dapat disimpulkan bahwa populasi domba di negara tersebut lebih banyak jumlahnya daripada populasi manusia.
  4. Canberra ibukota Australia. Mungkin banyak orang terkecoh kalau Sydney adalah ibukota dari negara Australia, tetapi sekitar tahun 1908 Canberaa dijadikan ibukota Australia, pada tahun itu terjadi pemilihan yang mengalahkan dua kota yang menjadi saingannya seperti Sydney dan Melbourne. Meskipun kota yang berjarak 248 kilometer dari Sydney dan Melbourne yang berjarak 483 kilometer dari ibukota yang sebelumnya tidak dipersiapkan menjadi ibukotanya negara Australia.
  5. Mempunyai peternakan terbesar. Mungkin negara Australia yang memiliki peternakan sapi terbesar di dunia. Peternakan tersebut berada di selatan Australia tepatnya di desa Anna Creek yang mempunyai luas area 34.000 kilometer persegi. Peternakan ini mengalahkan peternakan Belgia dan peternakan sapi di Amerika Serikat dengan luas 6000 kilometer persegi. Di Anna Creek sendiri memiliki sapi 16.000 ekor sapi.

Penulis: MasArif

Comment di sini