Beberapa Fakta Unik Tentang Bersin

by
January 19th, 2015 at 8:51 am

CiriCara.com – Bersin merupakan suatu reaksi penyesuaian menyingkirkan kotoran yang mengandung partikel atau gangguan asing yang berguna untuk membersihkan rongga hidung. Biasanya bersin terjadi karena ada partikel pengganggu dalam hidung. Ujung-ujung saraf di dalam hidung merangsang kita bersin untuk menyingkirkan partikel-partikel tersebut.

bersin

Bersin – Ist

Manusia di dunia ini pasti pernah melakukan yang namanya bersin, tapi taukah kalian bahwa ada beberapa fakta menarik mengenai bersin. Bersin memiliki bahaya tertentu jika dilakukan terlalu keras. Meskipun begitu, Anda tidak boleh menahan bersin karena hal tersebut bisa juga mengakibatkan hal yang serius.

Nah berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang bersin yang mungkin belum kalian ketahui.

1. Bersin dapat merusak tulang iga

Pada saat kita bersin, benda-benda asing ataupun lendir yang ada di dalam mulut atau hidung kita akan keluar dengan kecepatan 100 mill/jam. Maka dari itu, jika kita bersin terlalu keras akan merusak/meretakkan tulang iga kita.

2. Bersin merestart tubuh kita

Saat kita sedang bersin, maka secara refleks otot-otot yang ada dimuka kita akan menegang dan jantung kita juga akan berhenti berdetak secara sementara. Setelah kita selesai bersin, maka jantung kita akan kembali berdetak secara normal

3. Menahan bersin sangat berbahaya

Pada saat kita menahan bersin, kita akan menahan tekanan bersin sehingga tubuh harus mengatasi tekanan kuat yang masuk kembali ke dalam saluran pernapasan. Tekanan kuat tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada gendang telinga, serta kemungkinan mengalami pecah pembuluh nadi di kepala dan leher.

4. Bersin dapat mengeluarkan banyak sekali bakteri

Ketika bersin maka tubuh akan mengeluarkan 100.000 kuman atau bakteri ke udara, dan jika bersin ditahan akan memaksa bakteri kembali masuk ke dalam rongga hidung dan kanal telinga, sehingga bisa menimbulkan infeksi bagi tubuh kita.

5. Saat bersin, kuman bisa terlempar hingga 9 meter

Dikatakan bahwa semburan bersin, yang berarti juga paparan kuman, dapat mencapai jarak 1,5 meter. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa air liur saat bersin dapat meluncur hingga jarak 9 meter.

Semoga artikel yang saya berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembacanya!

Penulis: Stella Audreylia

Comment di sini