Keunikan Kota Bandung

by
January 19th, 2015 at 11:57 am

CiriCara.com – Kata “Bandung” berasal dari kata “Bendung” atau bendungan, disebabkan terbendungnya sungai Citarum oleh lava gunung Tangkuban Perahu dan membentuk sebuah telaga. Bandung sebuah kota metropolitan yang terbesar di Jawa Barat dan sekaligus menjadi ibu kota provinsi.

bandung

Bandung – Ist

Kota ini terletak di 140 kilometer sebelah tenggara kota Jakarta. Kota Bandung juga merupakan kota terbesar penduduknya ketiga setelah Surabaya dan Jakarta. Di sisi lain Bandung juga memiliki keunikan-keunikan yang mungkin tidak dimiliki oleh kota-kota lain di Indonesia.

  1. Kota sejuk dan dingin. Bandung dikelilingi oleh pegunungan sehingga udara di kota tersebut terkenal sejuk dan dingin. Konon katanya bahwa dulunya kota Bandung sebuah danau purba yang besar yang dikenal dengan sebutan ‘Danau Bandung’ atau ‘Situ Hiang’. Dan sekitar 3000 tahun yang lalu, danau ini mulai surut dan membentuk bentangan dataran yang luas hingga kini Bandung berada.
  2. Aneka ragam kuliner. Di Bandung terdapat aneka makanan yang khas dan beragam serta enak. Sehingga banyak turis asing dan penduduk yang berasal dari lokal dan luar Bandung hanya sekedar mencari makanan yang khas dan terkenal seperti batagos, serabi, colenak, cireng dan lain sebagainya.
  3. Kota belanja. Bandung merupakan kota tujuan belanja. Seperti di jalan Dago dan RE Martadinata disitulah fashion-fashion dipajang berjejer, kalau kita akan belanja sepatu tentu di Cibaduyut. Oleh-oleh makanan khas Bandung di pasar baru dan pasar kosambi, sedangkan tekstil dapat dibeli di Cigondewah. Kemudian buku-buku kuno serta majalah tua bisa dibeli di kawasan Cikapundung, pasar Palasari dan Buahbatu.
  4. Kota tua dan bersejarah. Hingga saat ini bandung memiliki 637 bangunan tua dan bersejarah dan merupakan peninggalan zaman Belanda yagn masih dipelihara dan dilestarikan, dipertahankan sebagai bangunan cagar budaya.
  5. Bandung lautan api. Sejak pasca kemerdekaan kota Bandung pernah dibumihanguskan hingga sebagian kota Bandung luluh lantak dibombardir oleh penjajah. Peristiwa tersebut dikenal dengan Bandung Lautan Api.
  6. Konferensi Asia Afrika. Sekitar tahun 1955 Konferensi Asia Afrika yaitu suatu perkumpulan dan menyuarakan semangat anti penjajahan. Sehinga kota Bandung disebut sebagai ibukota Asia Afrika sebutan itu disampaikan oleh perdana menteri India pada waktu itu Jawaharlal Nehru.

Demikian beberapa keunikan dari Kota Bandung, ayo ke Bandung.

Penulis: MasArif

Comment di sini