Sejak 1987, Ada 189 Terpidana Mati di Indonesia

by
January 19th, 2015 at 2:09 pm

CiriCara.com – Pada Jumat sore, 16 Januari 2015, saya menerima email berisikan siaran pers yang dikirimkan Mas Wahyudi Djafar. Mas Wahyudi Djafar ini adalah salah satu peneliti dari Lembaga Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam). Isi siaran pers yang dikirimkan via email itu, adalah sikap dari Elsam yang menolak kebijakan hukuman mati. Seperti diketahui, Minggu dini hari, pemerintah, dalam hal ini Kejaksaan Agung telah melalukan eksekusi terhadap 6 terpidana hukuman mati. Lima diantaranya di eksekusi di Nusakambangan. Sementara satu dari 6 terpidana hukuman mati, dieksekusi di Boyolali.

hukuman mati

Ilustrasi Hukuman Mati – Ist

Dalam siaran pers yang dikirimkan Mas Wahyudi, keenam terpidana mati yang dieksekusi itu terdiri dari 4 terpidana laki-laki dan 2 perempuan. Mereka yang dieksekusi mati adalah Rani Andriani (Indonesia), Daniel Enemuo dan Namona Denis (Nigeria), Ang Kim Soei (Belanda), Tran Thi Bich Hanh (Vietnam), dan Marco Archer Cardoso Moreira (Brasil).

Dalam email yang saya terima, Elsam juga mengungkapkan informasi tentang jumlah terpidana mati di Indonesia. Di siaran pers itu diterangkan, menurut data yang dihimpun Elsam, sejak 1987 tercatat setidaknya  ada 189 terpidana yang telah dijatuhi pidana mati. Dijelaskan juga, dari jumlah tersebut ternyata sampai dengan Januari 2015 masih ada 164 terpidana mati yang menunggu eksekusi.

Informasi lain yang disampaikan Elsam dalam siaran persnya yang dikirimkan Mas Wahyudi Djafar, ternyata keenam terpidana mati yang dieksekusi Minggu pagi dini hari, 18 Januari 2015, awalnya akan dieksekusi pada pada 22 Januari 2015. Tapi kemudian Kejaksaan Agung memutuskan jadwal eksekusi dimajukan pada hari Minggu, 18 Januari 2015.

Para terpidana hukuman mati itu dieksekusi setelah pengajuan grasinya ditolak oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 30 Desember 2014 silam. Satu orang terpidana mati, dan lima orang lainnya di Nusakambangan, akhirnya mesti menghembuskan nafas terakhirnya dihadapan regu tembak yang jadi tim eksekutor hukuman mati.

Melihat fakta hukuman mati tersebut, bagaimana dengan Anda. Apa pendapat Anda mengenai hukuman mati yang belakangan ini menghebohkan sejumlah warga? Setuju kah Anda dengan hukuman mati tersebut? Ya, semua tergantung dari persepsi Anda masing-masing.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini