4 Sikap Orang Saat Dinasehati

by
January 20th, 2015 at 2:56 pm

CiriCara.com – Sering banget mengabaikan nasehat yang diberikan? Mungkin kalian risih, kesal, kecewa karena nasehat yang kalian terima. Kalian tidak terima bahwa harus dinasehatin seperti itu. Padahal nasihat itu sangat penting. Berikut empat sikap yang biasa timbul saat seseorang mendengarkan nasehat.

dinasehati

Kebiasaan orang saat dinasehati – Ist

1. Hanya Mendengar Saja

Dia duduk diam dan seakan-akan serius dengan apa ia dengar dari orang yang akan memberikan nasihat buatnya. Namun ternyata ia tidak mendengar dan mengerti ucapan dari orang tersebut. Istilahnya masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Ia tidak akan tahu apa yang sebenarnya orang itu ucapkan walaupun seakan-akan orang itu mendengar dengan serius.

2. Mendengar Namun Tidak Mengerti

Ia mendengar nasihat yang disampaikan. Ia memperhatikan dengan amat seksama dan jelas. Namun ternyata pada dasarnya ia tidak mengerti apa yang dinasehatkan pada dirinya. Ia tidak tahu apa manfaat yang akan didapatkan dan bagaimana cara melakukannya. Sedangkan mengenai ketidakmengertiannya, ia tidak mau bertanya dan membiarkan saja asalkan ia sudah duduk diam dan mendengarkannya.

3. Mendengarkan, Mengerti Tapi Tidak Mau Ambil Tindakan

Nasihat itu ia dengarkan. Ia serius mendengarkan nasehat itu. Ia juga mengerti akan nasehat yang disampaikan kepadanya. Ia mengerti betul tentang apa yang harus ia lakukan dan apa yang bisa ia ambil dari nasihat tersebut. Sayangnya ia tidak mau ambil tindakan. Ia terlalu malas dan mungkin tidak suka dan mengabaikan begitu saja tindakan yang seharusnya ia lakukan. Sehingga nasihat tersebut bagai benih yang ditaruh di tanah berbatu. Benih itu tumbuh, lalu karena dihimpit oleh bebatuan, akhirnya benih itu mati. Demikian juga nasihat, karena dihimpit oleh kemalasan, nasihat itu menjadi tidak berguna.

4. Mendengar, Mengerti dan Juga Melakukan

Ini adalah sikap yang paling bagus dan harusnya ada pada diri kita. Nasihat itu sangat seksama didengarkan. Nasihat itu juga sudah dimengerti olehnya. Nah yang terpenting nasihat itu mau dilakukan dan disimpan dalam kehidupannya. Sehingga nasihat itu bagai benih yang ditabur di atas tanah yang subur. Benih itu tumbuh dengan subur lalu berbuah banyak. Seperti nasihat itu kita terima, kita pahami dan kita lakukan maka nasihat itu akan menghasilkan buah atau hasil positif yang memuaskan.

Nah, dari empat sikap tersebut, sikap manakah yang ada dalam diri kamu? Jika orang tua memberi nasihat, tindakan apa yang kamu ambil? Apakah kamu melawan orang tuamu. Semoga kalian memaknai dan akhirnya mengambil sikap nomor empat. Tentunya kalian juga harus berhikmat dam menerima nasehat mana yang baik maupun yang kurang baik. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini