Cara Manfaatkan Facebook untuk Promosi Bisnis

by
January 20th, 2015 at 3:06 pm

CiriCara.comSosial media seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya bisa dijadikan media promosi yang murah meriah tetapi menjanjikan. Seperti halnya Facebook yang sampai saat ini hampir 50 juta lebih pengguna Facebook di Indonesia. Dan semuanya merupakan potensi pemasaran bagi kita yang akan menjadi bisnisman.

facebook

Facebook – Ist

Kalau penulis amati bahwa hampir 95% lebih pengguna internet di Indonesia hampir mempunyai akun Facebook. Banyak bisnis yang dulunya kecil, secara bertahap menjadi besar disebabkan adanya promosi melalui sosial media khususnya Facebook atau Twitter secara istiqomah.

Apabila bisnis Anda mempunyai lingkup yang kecil dan tidak mempunyai dana yang mencukupi untuk berpromosi, membuat akun Facebook atau Twitter adalah langkah yang tepat. Ada beberapa cara membuat promosi bisnis di Facebook:

  1. Buatlah Fan Page
    Yang pertama kali kita lakukan adalah membuat halaman fan page. Fitur fan page itu berbeda dengan membuat Facebook akun, fungsi dari fan page ini bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis kita. Setelah selesai mambuat fan page, maka dilakukan untuk melengkapi halaman fan page tersebut secara detail. Mulai dari peletakan logo, gambar-gambar pendukung, deskripsi singkat perusahaan, produk atau jasa yang akan dijual/ditawarkan. Lengkapi dengan foto-foto secara detail tentang usaha yang kita paparkan. Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membuat Facebook URL sesuai dengan bisnis kita. Umpamanya Facebook.com/masboyfashion. Ini perlu dibuat karena akan memudahkan para calon pembeli untuk mengaksesnya.
  2. Share
    Setelah lengkap membuat semuanya, saatnya kita mempromosikan fan page Facebook-nya. Ini berbeda dengan akun Facebook yang biasanya, caranya adalah dengan meng-add fan page dengan ‘like’ dan tidak perlu adanya konfirmasi. Tetapi dengan cara men-share fan page dengan akun pribadi kepada teman-teman di jaringan pertemanan Facebooknya. Lakukanlah share dengan mengupdate secara regular. Karena semakin rajin untuk mengupdate, maka semakin besar pula fan page kita di ‘like’ ataupun di ‘share’ lagi. Kita pun dengan leluasa membagi konten yang mengundang untuk di ‘share’ kembali. Katanya sih, bahwa Fan page yang bagus dan baik adalah fan page yang banyak pengunjungnya (tentunya prosesnya sangat lama dan panjang)
  3. Pantau konsumen
    Fungsi daripada Fan page di Facebook adalah untuk mengetahui seberapa besar care konsumen terhadap bisnis kita. Apakah respon mereka baik atau buruk. Jadi kita harus memantau gerak-gerik dan tingkah laku konsumen kita di Facebook. Ketika kita memposting sebuah produk dan ada respon dan komentar atau hanya sekedar menanyakan produk, maka usahakan kita secepatnya meresponnya dengan baik, kita bisa membalas komentar-komentar dari mereka. Dengan demikian, secara tidak langsung kita pun akan mendapat masukan dari konsumen tanpa kita membuka kotak saran, selain itu kita juga bisa memanfaatkan sarana yang berada di Facebook seperti ‘Build Audience’ atau statistik, kita akan melihat dengan jelas hari apa saja rata-rata likes dari pengunjung.

Penulis: MasArif

Comment di sini