Keunikan Perayaan Imlek di Berbagai Negara

by
January 20th, 2015 at 8:32 am

CiriCara.com – Keunikan Perayaan Imlek di berbagai negara. Selayaknya perayaan lain yaitu berupa peringatan hari lahir atau perayaan hari besar agama-agama di dunia. Perayaan tahun baru imlek juga dipenuhi dengan kemeriahan yang berupa pertunjukan Barongsai, kembang api, pembagian ang-pau, kue dodol imlek, dan sajian panganan lezat.

perayaan imlek

Perayaan Imlek – Ist/Paradiso

Mungkin perayaan imlek di beberapa negara mempunyai keunikan masing-masing perayaannya, berikut ini penulis sajikan perayaan imlek di tiap-tiap negara:

  1. Tiongkok
    Di Tiongkok tradisi mudik dilakukan bila tahun baru imlek dilaksanakan, penuh sesak alat transportasi memadati jalan-jalan di negeri itu, seperti kereta api, bus, mobil pribadi, pesawat terbang penuh sesak dengan warga yang akan merayakan Tahun Baru Imlek di kampung halamannya masing-masing. Menurut warga Tiongkok bahwa imlek merupakan acara berkumpulnya para anggota keluarga untuk bertemu kembali dengan para anggota lainnya. Dan liburan imlek di Tiongkok berlangsung selama sebulan, walaupun pabrik dan kantor-kantor pemerintah menjalani cuti bersama selama satu minggu.
  2. Malaysia
    Negara jiran atau Malayasia yang berpenduduk multiras ini mendeklarasikan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur nasional. Jalanan di ibukota Malaysia tersebut mendadak sepi dan sunyi disebabkan para urban keturunan mudik secara serentak untuk merayakan imlek, dan biasanya bagi orang yang tidak merayakan imlek tersebut digunakan untuk jalan-jalan di mall. Bagi keluarga keturunan akan berkumpul dengan anggota keluarga lainnya untuk merayakan bersama-sama, dan menurut kebiasaan bahwa bagi pasangan yang  sudah menikah mereka akan merayakannya di pihak keluarga laki-laki. Tradisi kunjung mengunjungi kepada sanak family juga dilakukan, tak ketinggalan bagi pasangan yang sudah menikah memberikan ang-pau kepada mereka yang belum berkecukupan. Bagi warga keturunan yang tidak merayakan di negaranya sendiri (Tiongkok) mengadakan open house bagi mereka yang berasal dari etnis lain.
  3. Singapura
    Di Chinatown Street Light Up Singapura diselenggarakan dengan pertunjukan gratis berupa barongsai, tidak saja pertunjukan barongsai di sepanjang jalan yang dilewati juga ditunjukan dengan hiburan-hiburan tradisional yang akan disuguhkan, seperti rombongan para penari wanita, fireeaters, perayaan tersebut dinamakan Chinghay parade yang isinya berupa karnaval-karnaval mewah. Even lain dalam perayaan imlek tersebut berupa River Hongbao yang berisi dengan sajian lively street performances.
  4. Indonesia
    Klenteng Sam Poo Kang adalah Kelenteng terbesar di Kota Semarang yang menyelenggarakan acara Imlek tersebut yang begitu meriah, biasanya di Kelenteng tersebut diadakan pentas seni. Puncak acara di kelenteng tersebut diadakan pada tengah malam dengan pertunjukan khasnya berupa wushu, wayang potehi (wayang golek khas Tiongkok), barongsai.
  5. Taiwan
    Seperti negara-negara lain seperti yang disebutkan di atas, di negara Taiwan pun perayaan Imlek pun dilaksakan dengan menyelenggarakan kegiatan doa bersama atau yang disebut dengan Tien Kuang Ming Teng, An Tai Suei dan Li, Chiang Tou Hsiang, Dou yang dilakukan di Kelenteng Taiwan. Tradisi di kuil-kuil yang membuat Spring Ox terbuat dari kertas dianggap mempunyai tuah keberuntungan jika disentuh, tidak ketinggalan juga pada kuil-kuil tersebut dibuatlah jembatan sebagai symbol keberuntungan yang biasa disebut dengan Ci Sing Ping An Brigde, jembatan tersebut akan dilalui oleh para pendoa dan inti dari doa-doa tersebut adalah agar keberuntungan-keberuntungan berpihak padanya.

Demikianlah Keunikan Perayaan Imlek di Berbagai Negara. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini