Penyebab Ketidakstabilan Tekanan Darah

by
January 20th, 2015 at 8:47 am

CiriCara.com – Pernah melakukan tes tekanan darah? Atau kalian pernah menemani papa, mama atau saudara dan teman dekat kalian periksa tekanan darah? Bagaimana cara menyebutkan hasil tekanan darah? Pasti dokter atau si pemeriksa mengatakan misalnya seperti ini 130/90, atau 110/73 dan lain sebaginya.

tekanan darah

Tekanan darah – Ist

Sedikit review bagian atas disebut tekanan darah sistolik dan bagian bawah disebut tekanan darah diastolik semua dengan satuan mmHg. Secara umum, tekanan darah manusia berada pada batas normal 120/80. Namun semuanya tidak seakurat itu. Semua tekanan darah manusia bergantung pada beberapa hal dalam kehidupan seseorang.

Berikut akan dijabarkan beberapa fakta mengenai tekanan darah manusia.

1. Bergantung dari Aktivitas Seseorang

Tekanan darah setiap orang tidaklah sama. Semua bergantung salah satunya pada aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Tahukah kalian, biasanya tekanan darah manusia pada siang hari lebih besar daripada tekanan darah manusia di malam hari. Kenapa? Alasannya sederhana. Karena di saat siang hari orang akan melaukan aktivitas yang lebih banyak ketimbang di malam hari. Saat malam hari, tubuh kita akan beristirahat sehingga membuat tekanan darah menurun daripada di siang hari.

2. Pola Makan

Pola makan yang tidak serasi juga bisa menyebabkan ketidakstabilan tekanan darah. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, maka biasanya akan meningkatkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan lemak menyebabkan darah lebih sulit untuk melakukan peredaran sehingga tekanan darah naik ketimbang orang yang lebih suka mengkonsumsi sayuran. Namun hal ini juga harus seimbang, jika kalian kekurangan konsumsi sesuatu yang berlemak, maka juga akan menjatuhkan tekanan darah sehingga itu juga tidak baik bagi tubuh.

3. Pola Pikir

Makan sudah dijaga, tidur juga cukup, tapi tekanan darah saya kok masih tinggi. Mungkin hal ini dikarenakan pola pikir Anda. Anda berpikir terlalu keras, terlalu cemas dan Anda terlalu memusingkan segala sesuatu. Itu juga bisa jadi salah satu pemicu ketidakstablian tekanan darah.

Ulasan di atas hanyalah sedikit penyebab ketidakstabilan tekanan darah. Masih ada penyebab lainnya seperti keturunan genetik dan sebagainya. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini