Tips Terhindar dari Penipuan Online Shop

by
January 20th, 2015 at 11:09 am

CiriCara.com – Suka belanja online? Beli sepatu, tas, handphone, dan baju sekarang memang lebih mudah lewat online shop. Tinggal ada akses internet, laptop atau komputer Anda sudah bisa mulai melakukan aktivitas belanja online. Yang lebih penting lagi, ketersediaan barang di online shop ini lebih lengkap.

belanja di toko online

Belanja online – Ist

Tapi, semakin diminatinya belanja online membuat banyak orang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkannya untuk melakukan kejahatan. Mulai dari menjual barang palsu dan mengaku-ngaku barang asli hingga penipuan menjual barang namun tidak pernah mengirimkan barang yang dipesan oleh calon pembeli.

Untuk itu, Anda harus berhati-hati jika akan melakukan belanja online. Jangan sampai Anda jadi korban oleh online shop penipu:

1. Pastikan online shop tersebut sudah dipercaya oleh orang lain. Dengan cara melihat testimoni dari customer lain dan kepuasan mereka saat barang tersebut sampai.

2. Jika online shop sudah terpercaya, Anda bisa membeli barang yang Anda mau di online shop tersebut. Dengan cara mengontak mereka melalui Line, BBM, atau SMS yang tertera di biodata online shop mereka.

3. Pada saat ingin mentransfer uang untuk membeli barang tersebut, pastikan Anda menulis catatan yang berisi kode barang dan warna barang yang akan Anda beli. Supaya saat mereka ingin mengirimkan barang Anda, tidak terjadi kesalahan.

4. Setelah Anda sudah mentransfer, tunjukan hasil transfer Anda kepada orang yang anda hubungi saat memesan barang tersebut. Dan simpan hasil transferannya supaya menjadi barang bukti jika sewaktu-waktu mereka meminta kembali bukti transfernya.

5. Pantau terus dengan cara menghubungi mereka tentang status apakah barang Anda sudah dikirim atau belum.

6. Jika 3 hari barang Anda belum samapi di tangan Anda, mintalah no resi kepada pemilik online shop supaya Anda bisa mengecek status barang Anda sudah dikirim atau belum.

Itulah tips untuk menghindari penipuan di online shop. Selalu waspada saat melakukan transaksi online, terutama dengan online shop yang belum terpercaya. Jangan mudah tergiur pula dengan tawaran harga murah di online shop, karena kemungkinan itu modus penipuan. Semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua.

Penulis: Pingkan Pricilia
Editor: YG

Comment di sini