Fakta Unik Tentang Gameboy

by
January 21st, 2015 at 10:26 am

CiriCara.com – Siapa yang tidak mengenal console buatan Nintendo, Gameboy? Konsol game zaman dulu yang juga dikenal dengan nama Gimbot, Jimbot, atau Gamewatch ini sangat populer di era 90-an. Namun kini kepopulerannya sudah mulai tergusur oleh consol game yang lebih canggih, seperti PlayStation, Xbox, dan Wii.

nintendo

Nintendo Gameboy – Ist/Cyberpc

Mungkin bagi pecinta game jaman dulu, Gameboy jadi kenangan tersendiri. Apalagi beberapa game legendaris lahir dari Gameboy seperti Pokemon, Mario Bros, Tetris, dan masih banyak lagi. Tentu buat kamu yang pernah memainkan gameboy pasti tahu game-game legendaris itu.

Terlepas dari kepopulerannya yang mulai redup, ternyata ada beberapa fakta unik mengenai Gameboy yang mungkin kamu perlu tahu:

1. Gameboy termahal seharga $29,500.00 USD

Sebuah Gameboy yang terbuat dari emas 18 karat dan sekeliling layarnya bertatahkan berlian. Gameboy ini dibuat oleh Aspreys dari London, harganya $29,500.00 USD atau sekitar Rp 225 juta. Beratnya pun 6 kali lebih berat daripada gameboy biasa. Ini adalah gameboy termahal yang pernah terjual.

2. Gameboy tahan akan ledakan bom

Pada saat perang Gulf (2 Agustus 1990 – 28 Februari 1991) seorang tentara Amerika memiliki gameboy dan terkena ledakan bom pada saat bom massal. Walau pun tampilan luarnya hancur namun gameboy itu masih dapat berfungsi seperti biasa hingga sekarang.

3. Gameboy pernah ke luar angkasa

Seorang angkasawan dari Russia, Aleksandr A. Serebrov melakukan perjalanan ke luar angkasa menuju Mir Space Station. Gameboy itu menghabiskan 196 hari di luar angkasa dan Serebrov mengembalikan Gameboy tersebut ke Bumi dengan sebuah kertas yang bertuliskan “Seperti semua angkasawan, saya mencintai olahraga. Ketika saya terbang menuju angkasa, saya menikmati bermain Gameboy”.

4. Gameboy memiliki kamera digital terkecil di dunia

Pada tahun 1998, Nintendo merilis aksesoris tambahan untuk Gameboy yaitu Gameboy Camera. Gameboy Camera diakui oleh Guinness World Records sebagai kamera digital terkecil di dunia pada tahun 1999. Bahkan musisi Neil Young menggunakan Gameboy Camera untuk cover album yang berjudul Silver & Gold.

Bagaimana? Masih menyepelakan gameboy yang melegenda ini? Selamat bernostalgia.

Penulis: Erlangga Widjaja

Comment di sini