Keindahan Dibalik “Keangkeran” Nusakambangan

by
January 21st, 2015 at 9:00 am

CiriCara.com – Nusakambangan merupakan pulau yang terletak di Jawa Tengah tepatnya di Samudra Hindia sekaligus menjadi bagian dari Kabupaten Cilacap. Luas pulau ini sekitar 121 kilometer persegi. Pulau Nusakambangan sangat terkenal dengan penjara Maximum Security-nya Indonesia, walaupun di situ tidak dijaga ketat seperti halnya penjara-penjara dunia lainya.

wisata pantai

Pantai di Nusakambangan – Ist

Namun apabila ada tahanan yang akan di-eksekusi di tempat tersebut, maka penjagaannya semakin ketat. Pulau Nusakambangan disamping sebagai pulau yang angker bagi narapidana kelas kakap, disisi lain pulau tersebut menyimpan beberapa keunikan-keunikan, yang perlu pembaca ketahui.

  1. Pantai Segara Anakan. Di belakang pulau Nusakambangan terdapat Segara Anakan yang merupakan sebuah laguna yang unik di pantai selatan Pulau Jawa di Segara Anakan terdapat ekosistem rawa bakau (mangrove) yang memiliki komposisi serta struktur hutan terlengkap di Pulau Jawa pada umumnya. Pantai Segara Anakan bagian dari Nusakambangan yang menyimpan keindahan alam yang menawan, dan tempat ideal bagi wisata alam sekaligus tempat petualangan yang mengasyikan bila kita berkunjung ke sana.
  2. Benteng Pendem. Masih di Pulau Nusakambangan terdapat Benteng Pendem peninggalan Hindia Belanda terbukti dengan tulisan Belanda yang berbunyi “Kusbattery op de lantong te Cilacap”, Benteng Pendem tersebut dikeliling oleh parit selebar 12 meter, dan sebagian dapat dilihat hingga sekarang. Selain parit juga dilengkapi dengan lubang-lubang pengintaian yang digunakan untuk menembak musuh. Benteng Pendem merupakan benteng langka dan unik tidak ada duanya di Indonesia, karena bangunan ini terpendam di dalam tanah dengan luas 6,5 hektar. Keunikan Benteng tersebut dibangun di bawah tanah dan bisa nampak di permukaan tanah.
  3. Pantai Permisan. Selain Benteng Pendem, di wilayah Pulau Nusakambangan terdapat pantai Permisan (dekat dengan Penjara Permisan), pantai ini mempunyai pasir berwarna putih keabu-abuan yang dikombinasikan dengan beberapa karang dan rerumputan sebagai penghias alami. Di pantai ini terdapat tugu Kopassus sebab para anggota Kopassus sering latihan di tempat tersebut. Menurut legenda pantai Permisan berarti perpisahan, sebab apabila seorang masuk ke penjara Permisan tidak akan pernah kembali.
  4. Lembah Nirbaya. Nama lembah Nirbaya merupakan wilayah Pulau Nusakambangan, namanya mencuat kembali sebab di lembah tersebut sebagai langganan lokasi eksekusi mati para narapidana kelas kakap. Hal ini terbukti dengan di-eksekusinya narapidana narkoba pada malam minggu jam 00.00 s.d selesai di Lembah Nirbaya.

Demikanlah Keunikan Pulau Nusakambangan, bukan saja sebagai tempat wisata sekaligus sebagai tempat wisata terakhir narapidana kelas kakap. Semoga dapat diambil hikmahnya.

Penulis: MasArif

Comment di sini