Data PNS yang Tersandung Korupsi (2012)

by
January 22nd, 2015 at 10:17 am

CiriCara.com – Dalam Rapat Koordinasi Nasional Kediklatan Antar Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2012 yang diadakan di gedung Kementerian Dalam Negeri di jalan Merdeka Utara, Selasa 20 November 2012 lalu, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengungkapkan sebuah informasi yang menyebalkan. Mendengarnya info yang diungkap Pak Gamawan saat membuka rapat itu, perut terasa mual. Kebetulan saat itu saya ditugaskan kantor tempat saya bekerja meliput acara itu. Kementerian Dalam Negeri sendiri adalah salah satu pos liputan utama saya.

upacara pns

PNS – Ist

Informasi yang diungkapkan Pak Gamawan saat berpidato membuka acara adalah tentang para Pegawai Negeri Sipil yang terjerat kasus hukum. Jumlahnya tak main-main, mencapai ratusan orang. Kata mantan Gubernur Sumatera Barat itu, terdapat 474 pegawai plat merah di 19 provinsi yang tersangkut masalah hukum. Tapi kata dia, data itu masih data sementara. Artinya, sangat mungkin bertambah, sebab data dari provinsi lain belum masuk untuk direkapitulasi.

Bahkan Pak Gamawan melanjutkan dari 474 pegawai negara yang tersangkut kasus hukum itu, banyak yang sudah menyandang status terdakwa alias sudah terbukti bersalah. Tapi ada juga yang baru menyandang status terdakwa. Sisanya ada yang sudah tersangka, tapi ada juga yang masih berstatus saksi.

Pak Gamawan pun kemudian merinci detil status hukum yang disandang 474 pegawai plat merah yang kesandung kasus hukum. Kata dia, dari 474 PNS yang kena kasus, sebanyak 95 pegawai sudah berstatus tersangka. Sisanya 49 orang telah menyandang status terdakwa. Dan sebanyak 330 pegawai sudah diputus di pengadilan.

Kata Pak Gamawan, jumlah PNS ‘bermasalah’ akan terus bertambah. Sebab masih ada data lain di luar PNS bermasalah dari 19 provinsi yang belum direkapitulasi kementeriannya. Itu data lama lho, karena saat Pak Gamawan mengungkapkan itu Maret 2015. Tiap bulan mungkin jumlahnya merangkak naik.

Sekarang kita sudah masuk tahun 2015. Bisa jadi jumlah PNS yang kena kasus telah berlipat-lipat mencapai ribuan orang. Oh bila seperti itu, betapa memuakan fakta tersebut. Negeri ini memang banyak berisi orang-orang bermasalah. Abdi rakyat pula. Meski begitu saya haqul yakin masih banyak PNS yang jujur. PNS yang benar-benar pelayan rakyat, abdi masyarakat, bukan PNS yang merasa jadi majikan yang suka cari ‘laba’ dari jabatan dan kewenangan.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini