Jus Buah dan Sayur Serta Manfaatnya

by
January 23rd, 2015 at 8:51 am

CiriCara.com – Suka makan buah dan sayur? Beberapa di antara kita pasti tidak menyukai semua jenis sayuran dan semua jenis buah. Hanya buah dan sayur jenis tertentu saja yang kita mau konsumsi. Padahal konsumsi dua jenis makanan ini sangatlah penting untuk kesehatan tubuh kita.

jus buah

Jus Buah dan Sayur – Ist

Sebenarnya, kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur membantu tubuh dalam melakukan aktivitas metabolisme tubuh. Namun bagaimana jika kita tidak menyukai makan buah dan sayur? Mungkin salah satu solusinya kalian dapat mengkonsumsinya dengan cara dan bentuk yang lain yaitu seperti dibuat menjadi jus. Sudah banyak sekali orang yang menikmati manfaat dari buah dan sayur dengan mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Ada jus buah dan ada jus sayur. Tapi ada juga yang memilih untuk mencampurkannya sehingga dapat dikonsumsi secara langsung.

Tapi ada teman saya yang bilang kalau minum jus, maka manfaat dari mengkonsumsi buah dan sayur itu akan berkurang atau bahkan hilang? Kandungan nutrisi dalam buah dan sayur bisa saja hilang jika kalian salah cara dalam mengkonsumsinya. Buah dan sayur yang dikonsumsi jika dijadikan jus, maka ampas yang mengendap haruslah tetap diminum. Kenapa? Karena di dalam ampasnya tersebut terdapat begitu banyak kandungan nutrisi.

Mengkonsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus memanglah praktis dan lezat. Kalian juga bisa menambahkan campuran lain dalam membuat jus seperti ditambah susu, gula, dan es. Tidak hanya praktis dan lezat saja. Mengkonsumsi huah dan sayur dalam bentuk jus juga memberi manfaat yang lebih bagi tubuh kita jika dikonsumsi secara benar.

Salah satu manfaat lainnya dari mengkonsumsi jus adalah, kemudahan tubuh dalam melakukan metabolisme. Kenapa? Pada saat kita mengkonsumsi buah dan sayur dalam bentuk utuh, maka kita harus mengunyahnya untuk menghaluskan buah dan sayur tersebut. Lalu organ pencernaan kita selanjutnya juga melakukan aktivitas yang membantu pencernaan kita. Jika kita mengkonsumsi dalam bentuk jus, maka akan meringankan pekerjaan organ pencernaan.

Selain itu, gizi yang terdapat dalam buah dan sayur juga lebih mudah diserap oleh tubuh kita. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah dan sayur yang sudah diubah bentuk menjadi jus, akan membantu tubuh dalam melakukan proses hidrasi untuk indra peraba kita atau kulit. Dimana fungsi atau manfaat hidrasi kulit sendiri membuat kulit terasa lebih lembap dan tidak kering. Dengan demikian apa manfaat jangka panjangnya? Tentunya membuat kulit menjadi lebih sehat, kencang dan awet muda.

Tentu semuanya harus dilakukan dengan cara yang benar ya. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini