Manfaat Jadi Donor Darah

by
January 23rd, 2015 at 9:43 am
CiriCara.com – Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian digunakan pada transfusi darah. Transfusi darah sendiri diperlukan untuk menggantikan darah yang hilang karena perdarahan hebat. Salah satu penyakit yang dalam proses penyembuhannya memerlukan transfusi darah adalah talasemia. Untuk dapat bertahan hidup, penderita talasemia memerlukan perawatan yang rutin, salah satunya adalah melakukan tranfusi darah. Bahkan, penderita thalasemia jenis mayor memerlukan transfusi darah seumur hidup.
donor darah, pmi, palang merah indonesia

Donor darah – Ist

Dari seluruh Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI) hanya mendapatkan sekitar 2,5 juta kantong darah per tahunnya. Padahal, berdasarkan keterangan dari pihak PMI, kebutuhan darah di Indonesia setiap tahun mencapai 4,8 juta kantong. Hal ini diakibatkan oleh rata-rata pemakaian darah per hari di seluruh Indonesia adalah sebanyak 15.000 per kantong.

Meskipun begitu, PMI terus melakukan berbagai upaya demi memenuhi kebutuhan tersebut, salah satunya adalah dengan bekerja sama dengan instansi mengadakan pelayanan donor darah di berbagai daerah.
Hal yang perlu diketahui masyarakat mengenai donor darah adalah selain bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan transfusi darah, donor darah juga bermanfaat bagi pendonornya sendiri. Terlebih lagi jika donor darah dilakukan secara rutin dan berkala, yaitu setiap 3 bulan sekali.
Berikut adalah manfaat dari donor darah:

1. Mengurangi resiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker

2. Membakar kalori dan menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Setiap 450 ml darah yang Anda donorkan akan menyebabkan hilangnya sekitar 650 kalori dalam tubuh.

3. Meningkatkan produksi darah. Manfaat mendonorkan darah secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

4. Bagian dari periksa kesehatan. Ketika Anda melakukan donor darah, tim medis akan memeriksa darah Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak. Jika Anda negatif dari segala jenis penyakit, maka darah yang Anda miliki dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka Anda akan diberitahu bagaimana kondisi tubuh Anda berdasarkan hasil tes laboratorium tersebut.

“Setetes darah Anda, nyawa bagi sesama”

Begitulah bunyi slogan Palang Merah Indonesia. Sekarang Anda telah mengetahui tingkat kebutuhan darah di Indonesia disertai manfaat bagi Anda jika melakukan donor darah. Mari sebarkan kabar ini mulai dari orang-orang terdekat dan jadikan donor darah sebagai gaya hidup sehat masyarakat Indonesia.

Penulis: Shiella Aldama

Comment di sini