Orang Terdekat Mengidap Kanker, What Should I do?

by
January 23rd, 2015 at 2:30 pm

CiriCara.com – Ketika mendengar kata kanker, yang terlintas di kepala kita adalah penyakit yang sulit disembuhkan bahkan menyebabkan kematian. Bila orang terdekat, baik keluarga, sahabat atau pacar mengidap penyakit ini, kita pasti bingung apa yang harus dilakukan supaya tidak menyinggung perasaannya dan bagaimana menghiburnya.

penyakit kanker

Kanker – Ist

Nah, berikut 4 cara yang bisa kalian lakukan:

1. Menjadi pendengar yang baik

Penderita kanker sangat membutuhkan orang terdekat untuk dijadikan tempat curhat. Kita sebagai orang terdekat, harus siap meluangkan waktu untuk mendengarkan curahan hati mereka. Ketika mereka sedang bercerita mengenai penyakitnya, dengarkanlah dan jangan dipotong. Biarkan dia bercerita sampai habis mencurahkan isi hatinya. Bila dia meminta pendapat atau masukan, berikan pendapat atau masukan terbaik kalian, kalau bisa disertai bukti atau sesuai kenyataan.

2. Jangan terlalu sering membahas tentang penyakitnya

Sering-seringlah mengajak ngobrol penderita kanker. Tapi ingat! Jauhi topik mengenai penyakitnya. Boleh sesekali atau diawal membahas penyakitnya untuk mengetahui apa penyebabnya dan apa langkah selanjutnya yang akan dia ambil. Setelah itu, carilah topik lain supaya percakapan tidak ada habisnya.

Misalnya: cobalah mengobrol tentang orang yang dia sukai atau yang kamu sukai. Jangankan orang yang sakit, yang tidak sakit saja pasti bisa lebih semangat kalau membahas tentang orang yang disukai. Selain itu, coba ajak ngobrol tentang kegiatan dalam seharian penuh, mungkin ada cerita-cerita yang menyedihkan, dia benci atau bahkan menggembirakan.

3. Siap membantu

Bila dia tiba-tiba minta pertolongan, usahakanlah untuk selalu menjawab “YA”. Jika tidak bisa, berikanlah masukan atau alasan yang dapat diterimanya. Jangan sampai disaat dia susah, kamu selalu tidak bisa membantu. Pertolongan yang dia minta ini tentunya pertolongan umum, biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Bukan berarti pertolongan mengenai penyakitnya. Misalnya: dia meminta tolong kamu untuk mengajarinya mata pelajaran tertentu, dia meminta tolong kamu untuk menemaninya jalan dan lain-lain.

4. Jangan pernah menganggap dia mengidap penyakit kanker

Setelah dia memberitahu kamu tentang penyakitnya, anggaplah seolah-olah dia adalah dia yang bisasanya, tidak mengidap penyakit kanker. Memang susah di awal, tapi lama-kelamaan kamu akan mulai terbiasa. Apalagi, bila sedang disibukkan oleh banyak tugas dari sekolah, kampus atau pun kantor. Dengan adanya hal ini, pikiran dia pasti akan tercurahkan ke tugas tersebut. Jangan lupa ingatkan dia untuk tetap istirahat yang cukup, makan dan minum teratur dan tepat waktu.

Penulis: Annisa Virgynia

Comment di sini