5 Konsentrasi di Jurusan Manajemen

by
January 26th, 2015 at 9:43 am

CiriCara.com – Kamu mau kuliah jurusan manajemen? Atau sedang kuliah di jurusan manajemen. Terus bagi yang belum kuliah bingung sebenernya nanti abis kuliah di manajemen itu belajar gimana. Atau sekarang yang udah kuliah di jurusan manajemen mau penjurusan, bingung nanti mau ambil konsentrasi apa.

jurusan

Ist

Takut salah ambil konsentrasi jurusan? Takut konsentrasi yang kamu ambil ternyata nggak bisa kamu ikuti, atau takut konsentrasi yang kamu ambil ternyata nggak sesuai sama dunia kerja yang kamu inginkan? Yuk, sekarang dibahas beberapa konsentrasi yang tersedia di jurusan manajemen.

1. Manajemen Pemasaran (Marketing)

Ini adalah konsentrasi yang sebagian besar mata kuliahnya berisi materi hafalan. Kalau kamu kuat di bagian hafalan, dan penalaran mengenai materi, kamu bisa ambil konsentrasi ini. Selain itu nanti kalau kalian kerja, kalian bisa ambil bagian marketing. Marketing atau pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan. Kalian dituntut mempunyai bakat sales untuk mempromosikan produk biar bisa laku di pasaran.

2. Manajemen Keuangan (Finance)

Ini sesuai namanya, pasti berhubungan mengenai keuangan. Kalian akan belajar begitu banyak mata kuliah yang berhubungan dengan hitungan. Kalian biasanya akan kerja di dalam lapangan dan mengurusi keuangan perusahaan untuk memaksimalisasi keuntungan dan meminimalisasikan resiko tentunya.

3. Manajemen Operasi

Ini adalah mengenai operasi perusahaan. Manajemen operasi mempelajari tentang produksi dari produk suatu perusahaan, menganalisis layaknya sebuah proyek, menganalisis tentang perkiraan produksi agar tidak kelebihan atau kekuragan di pasar dan mengelola produksi perusahaan. Kalian bisa bekerja di bagian pabrik/ produksi perusahaan.

4. Manajemen SDM

Ini yang mempelajari mengenai perilaku karyawan, mengelola budaya perusahaan agar sesuai dengan visi misi perusahaan dan tujuannya. Kalian bisa bekerja di bagian Human Resources Management (HRD), biasanya bertugas untuk melakukan hiring karyawan, mengurusi pensiun, dan sebagainya yang berhubungan dengan karyawan.

5. Manajemen Kewirausahaan

Kalian dituntut menjadi seorang entrepreneur. Jadi siapa yang sehabis kuliah tidak mau kerja sama orang, dan berencana berbisnis sendiri, bisa mengambil konsentrasi ini.

Udah ada bayangan nanti mau ambil konsentrasi apa? Semoga sesuai dengan passion dan masa depanmu ya. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini