5 Mitos Menstruasi, Benar atau Salah?

by
January 26th, 2015 at 8:38 am

CiriCara.comGirls, pasti kalian sering mendengar tentang mitos-mitos yang dipercayai dapat “mempengaruhi” siklus menstruasi kalian. Tapi tidak semua hal itu benar loh! Nah, dengan artikel ini semoga kalian dapat mendapatkan pencerahan tentang mana mitos yang benar dan salah ya!

mitos menstruasi

Menstruasi – Ist

1. Dilarang mengonsumsi minuman dan makanan dingin pada saaat menstruasi

Seringkah kalian mendengar mitos tentang ini? Tentunya sering. Banyak yang mengatakan bahwa mengonsumsi minuman dingin dapat membuat darah beku dan menjadi kista. Nah, hal ini adalah salah! Menstruasi berhubungan dengan sistem reproduksi wanita sedangkan saat kita minum dan makan, itu berhubungan dengan sistem pencernaan. Kedua sistem tersebut tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya dan kedua sistem tersebut terpisah.

Maka dari itu, secara medis belum dapat dibuktikan bahwa pada saat menstruasi dan mengonsumsi makanan atau minuman dingin, dapat menyebabkan darah membeku hingga kista. Karena, segala minuman atau makanan dingin yang masuk ke dalam tubuh kita akan menyesuaikan suhu yang sama dengan badan kita. Jadi, mitos ini dapat dibuktikan salah.

2. Mengonsumsi minuman bersoda dapat mempercepat keluarnya darah menstruasi

Hal ini juga tidak benar. Walau pun minuman bersoda dipercayai memiliki nutrisi yang rendah, dan dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dan hormon pada tubuh yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi, hal ini hanya terjadi bila minuman bersoda dikonsumsi secara berkala. Selebihnya, minuman bersoda belum dapat dibuktikan bisa memperlancar atau menghambat siklus menstruasi kita, para wanita.

3. Tidak boleh berenang saat menstruasi berlangsung

Faktanya membuktikan bahwa berenang saat menstruasi boleh adanya. Karena, darah yang keluar akan berhenti sesaat ketika di dalam air. Akan tetapi, ini tidak membuat siklus menstruasi lalu berhenti. Hanya saja, darah yang keluar akan terhenti sesaat karena adanya tekanan yang berada di dalam air. Saat sudah keluar dari kolam renang, maka keluarnya darah akan kembali normal. Sangat disarankan untuk tidak keluar masuk dalam kolam renang ya, guys! Karena darah akan keluar saat kita tidak berada di dalam air. Akan tetapi, apabila terasa keram pada perut, maka tidak disarankan untuk melakukan kegiatan ini.

4. Tubuh menjadi sangat lemas saat menstruasi

Hal ini hanya terjadi karena kita memiliki mindset demikian. Faktanya, menstruasi hanya mengeluarkan darah sebanyak 35 ml/hari dan tidak selalu dapat membuat badan menjadi lemas dan tidak bertenaga. Jangan berpikir bahwa saat mengalami menstruasi maka kita akan menjadi lemas! Itu hanya akan menghalangi kalian dari beraktivitas normal.

5. Tidak boleh keramas saat menstruasi berlangsung

Fakta ini salah besar! Sebagai wanita, sangat penting adanya untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan tubuh kita. Dengan mencuci rambut, maka akan membantu membuat badan kita menjadi lebih nyaman dan santai karena lebih bersih dan wangi. Jadi, mencuci rambut tidak akan sama sekali mengganggu siklus menstruasi.

Ternyata, banyak mitos tentang hal boleh atau tidak dilakukan saat menstruasi yang tidak benar. Maka dari itu kita harus pintar-pintar menyaring informasi yang ada! Saat menstruasi, ke-higienisan diri adalah yang paling utama agar tubuh tidak mengalami adanya iritasi atau bahkan infeksi!

Penulis: Deandra Shivana

Comment di sini