Pengaruh Obesitas pada Pembuluh Darah

by
January 26th, 2015 at 8:22 am

CiriCara.com – Hampir semua orang pasti tidak menginginkan tubuhnya menjadi gemuk. Atau bahkan melebihi gemuk yang sering disebut obesitas. Seseorang dikatakan terkena obesitas jika berat badan yang dimilikinya berada di atas ambang normal berat badan yang diukur berdasarkan tinggi badan dan beberapa perhitungan lainnya. Obesitas sangat menganggu manusia dalam menjalankan aktivitas fisiknya.

 

obesitas

Obesitas – Ist

Seseorang yang mengalami obesitas akan merasa sulit bergerak karena membawa beban tubuh yang begitu berat. Mereka juga akan lebih memilih untuk diam karena jika bergerak energi yang harus dikeluarkan lebih besar dibandingan energi yang dikeluarkan oleh orang yang mempunyai berat badan yang lebih rendah walaupun melakukan aktivitas yang sama. Mereka juga akan cepat merasa lelah jika melakukan terlalu banyak aktivitas.

Tak hanya itu, obesitas tidak hanya membatasi ruang gerak penderitanya. Selain membuat tubuh sang penderita sulit bergerak dan mudah kelelahan, obesitas juga bisa mengakibatkan terjadinya penyakit pada tubuh manusia yang mengalami obesitas. Kenapa hal itu bisa terjadi? Hal itu dikarenakan pada tubuh sang penderita terjadi penumpukkan lemak yang berlebihan. Penumpukkan lemak ini juga menempel pada organ-organ di dalam tubuh sehingga mengakibatkan terganggunya aktivitas organ dalam tubuh.

Penyakit apa saja yang bisa disebakan oleh obesitas? Salah satunya adalah hipertensi. Hipertensi adalah keadaan di saat tekanan darah berada di ambang normal. Umumnya manusia normal mempunyai tekanan darah pada kisaran 120/80. Obesitas mengakibatkan tumpukkan lemak dalam organ tubuh tak terkecuali pembuluh darah. Lemak yang menumpuk pada pembuluh darah mengakibatkan terhambatnya kerja aliran darah sehingga membuat tekanan darah menjadi tinggi. Bahkan jika lebih parahnya, lemak tersebut akan menempel dan menyumbat pembuluh darah manusia.

Lalu apa akibatnya jika lemak menyumbat pembuluh darah? Darah tidak akan mengalir secara stabil bahkan bisa berakibat lebih parah lagi jika dibiarkan seperti penyakit stroke. Atau juga bisa berimbas pada cara kerja jantung. Karena pembuluh darah semuanya terhubung pada jantung. Jika pembuluh darah terganggu, maka cara kerja jantung juga akan terganggu.

Gimana? Cukup menyulitkan juga ‘kan jika mempunyai tubuh yang bisa dikatakan obesitas? Jangan biarkan lemak menempel pada tubuhmu terlalu banyak. Cara hidup sehat adalah salah satu cara untuk mengobati dan mencegah terjadinya obesitas. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini