Cara Perkenalkan Diri Saat Wawancara Kerja

by
January 27th, 2015 at 2:26 pm

CiriCara.com – Setelah lulus tes tertulis atau psikotes, pelamar kemudian akan menjalani wawancara kerja. Pada sesi wawancara ini para pelamar akan diberi beberapa pertanyaan dimana salah satunya adalah diminta untuk memperkenalkan diri.

tes wawancara

Wawancara Kerja – Ist

Mungkin Anda akan merasa bingung harus memulai dari mana saat memperkenalkan diri. Padahal di surat lamaran kan sudah tertera semua informasi mengenai diri Anda. Mulai dari nama sampai tanggal lahir semua sudah tercantum.

Terus harus jawab apa saat ditanya “Silakan jelaskan tentang diri Anda?”. Berikut jawabannya:

1. Mulai dari nama

Meskipun sudah tercantum di surat lamaran, Anda tetap harus memperkenalkan diri secara jelas dan gamblang siapa diri Anda. Mulailah dengan menyebutkan nama lengkap Anda. Jangan gugup, nanti bisa salah sebut nama. Masa iya, nama sendiri lupa? He he he

2. Riwayat pendidikan

Jelaskan riwayat pendidikan Anda, mulai dari nama sekolah atau universitas sampai dengan jurusan yang diambil. Kemungkinan pewawancara juga akan memberikan pertanyaan seputar pendidikan yang kamu ambil. Jadi, kamu harus menguasainya dan jangan sampai salah.

3. “Menjual diri”

Anda harus membeberkan kelebihan-kelebihan yang Anda punya. Dengan cara ini Anda akan terlihat percaya diri dan meyakinkan di mata pewawancara. Namun, Anda jangan sampai terlihat sombong ya! Tetap atur nada bicara Anda.

4. Maksud dan tujuan

Setelah membeberkan semua tentang kemampuan diri. Anda bisa mulai menceritakan maksud dan tujuan Anda melamar di perusahaan tersebut. Mulai dari jabatan apa yang diincar sampai motivasi melamar di perusahaan.

5. Yakinkan pewawancara

Tunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang pas dan mampu memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan. Misalnya, “saya siap bekerja kapan pun. Jika diperlukan, saya juga siap untuk menjalani tes terlebih dahulu sebelum direkrut.”

Selain kelima hal tersebut, Anda juga harus mempersiapkan mental sebelum wawancara. Tujuannya agar Anda tidak grogi sehingga apa yang sudah dipelajari tidak buyar begitu saja pas wawancara.

Jangan lupa juga untuk berdo’a agar tes wawancara Anda dimudahkan oleh Tuhan. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini